Kaisar Jepang Berdoa kepada Dewa Sepekan Usai Naik Takhta

CNN Indonesia | Rabu, 08/05/2019 16:04 WIB
Kaisar Jepang Berdoa kepada Dewa Sepekan Usai Naik Takhta Kaisar Jepang, Naruhito. (STR / Japan Pool / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kaisar JepangNaruhito melakukan ritual Shinto dengan berdoa kepada Dewa Matahari (Omikami Amaterasu) di kuil istana. Dia berdoa untuk rencana pelaksanaan upacara kenaikan takhta akhir tahun ini.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (8/5), Naruhito dinobatkan menjadi kaisar Takhta Seruni pada 1 Mei lalu. Upacara itu dilakukan sehari setelah ayahnya, Akihito, turun takhta.
Sambil memakai hiasan kepala serta pakaian tradisional berwarna oranye tua, Naruhito berdoa di kuil Kashikodokoro pada hari Rabu (8/5). Abdi istana juga hadir membawa pusaka kerajaan seperti pedang dan perhiasan yang diwariskan ketika Akihito turun takhta.

Kashikodokoro merupakan kuil tempat Dewa Amaterasu, nenek moyang mitologis kekaisaran Jepang.


Upacara pelantikan Naruhito tersebut direncanakan digelar pada 22 Oktober mendatang. Kekaisaran akan mengundang ribuan tamu baik dari dalam maupun luar negeri.

Kaisar berusia 59 tahun itu juga mengatakan dia akan mengikuti jejak sang ayah yang dinilai berhasil membawa monarki tertua di dunia itu lebih dekat dengan rakyat.
Dia berjanji untuk selalu mengingat jalan yang telah dipijak sang ayah dan mengabdikan dirinya untuk terus melakukan 'perbaikan diri'.

[Gambas:Video CNN] (ajw/ayp)