Bandara Frankfurt Sempat Ditutup karena Drone Melintas

CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 19:00 WIB
Bandara Frankfurt Sempat Ditutup karena Drone Melintas Ilustrasi. (Reuters/Athit Perawongmetha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandar udara Frankfurt, Jerman, sempat ditutup selama hampir satu jam pada Kamis (9/5) pagi karena ada drone di sekitar landasan.
 
Maskapai penerbangan tidak diizinkan lepas landas maupun mendarat setelah sebuah drone ditemukan di bagian selatan area bandara awal pagi ini.
Namun, aktivitas bandar udara tersibuk di Jerman itu kembali seperti semula pukul 08:15 waktu setempat.
 
Pihak polisi sedang melakukan penyelidikan. Mereka juga mengerahkan satu helikopter untuk melacak perangkat yang dikendalikan dari jarak jauh tersebut.
 
Bulan Maret lalu, penerbangan di bandar udara Frankfurt juga sempat diberhentikan selama setengah jam karena kemunculan drone di bagian selatan gedung.
Hal ini mengakibatkan maskapai penerbangan mengalami penundaan cukup panjang, bahkan terjadi pembatalan sebanyak 60 dari total 1.439 penerbangan.
 
Sepanjang 2018, pengawas lalu lintas udara Jerman melaporkan sekitar 158 gangguan akibat drone. Jumlah gangguan ini naik sekitar 80 persen dibandingkan 2017 lalu.

Jerman bukan satu-satunya negara yang mengalami gangguan ini. Bandar udara Gatwick di London juga mengalami hal yang sama. 

[Gambas:Video CNN]


Bandara tersebut sempat ditutup selama tiga hari pada akhir Desember karena kemunculan drone yang mempersulit perjalanan liburan puluhan ribu orang.
 
Alhasil, pemerintah Inggris memberlakukan zona larangan terbang bagi drone dalam jarak 5 kilometer dari bandar udara Inggris. (ajw/has)