Baku Tembak di Kashmir, 3 Militan dan 1 Serdadu India Tewas

CNN Indonesia | Kamis, 16/05/2019 19:59 WIB
Baku Tembak di Kashmir, 3 Militan dan 1 Serdadu India Tewas Ilustrasi pasukan India di Kashmir. (REUTERS/Danish Ismail)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak tiga anggota kelompok bersenjata, seorang prajurit India dan seorang warga sipil tewas akibat aksi baku tembak di Kashmir pada Kamis (16/5). Pertempuran itu terjadi di selatan kota Pulwama yang dikenal sebagai basis militan.

Seperti dilansir Associated Press, seorang warga sipil tewas dan satu orang lainnya mengalami luka-luka. Dua orang tentara ikut terluka dalam peristiwa baku tembak tersebut.
Penduduk setempat juga melaporkan satu rumah warga mengalami kerusakan akibat ledakan.

Menurut penuturan juru bicara Angkatan Bersenjata India, Kolonel Rajesh Kalia, baku tembak yang menewaskan tiga militan dan seorang prajurit tentara terjadi sesaat setelah para prajurit mengadakan pencarian.


Selain itu, ratusan penduduk juga mencoba memasuki area pertempuran guna menunjukkan aksi solidaritas dengan para pemberontak.

Pihak pemerintah akhirnya menugaskan pasukan militer untuk menembakkan peluru serta gas air mata ke arah demonstran yang mencoba melemparkan batu ke arah mereka.
Sejauh ini belum ada laporan terkait korban terluka akibat bentrokan yang terjadi.

Perselisihan ini diawali dari klaim India dan Pakistan terhadap kepemilikan wilayah Himalaya di Kashmir. Sebagian besar penduduk Kashmir yang ikut serta dalam aksi protes memang mendukung pihak pemberontak. Mereka berharap wilayah Kashmir dapat bersatu di bawah pemerintahan Pakistan atau menjadi negara merdeka.

Setidaknya sudah 70,000 orang tewas dalam pemberontakan dan penindasan yang dilakukan oleh India sejak 1989. (ajw/ayp)