Korut Tuntut PBB Bantu Desak AS Kembalikan Kapalnya

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 18/05/2019 13:21 WIB
Korut Tuntut PBB Bantu Desak AS Kembalikan Kapalnya Ilustrasi. Korea Utara meminta PBB mendesak Amerika Serikat untuk mengembalikan kapal kargo yang ditangkapnya. (REUTERS/Tote Maritime/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Utara menuntut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengambil tindakan tegas terhadap Amerika Serikat (AS). Tuntutan itu muncul setelah penangkapan kapal kargo milik Korut yang diambil oleh AS.

Tuntutan itu disampaikan dalam sebuah surat yang ditujukan untuk Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

Dalam surat, perwakilan Pyongyang untuk PBB, Kim Song mengatakan, insiden tersebut merupakan tindakan melanggar hukum yang dilakukan AS kepada pihaknya.


"Tindakan perampasan ini jelas menunjukkan bahwa Amerika Serikat memang negara 'gangster' yang tidak peduli sama sekali tentang hukum internasional," tulis surat tersebut, melansir AFP.

Song meminta Guterres untuk mengambil langkah tegas dan mendesak AS untuk mengembalikan kapal kargo Wise Honest milik Korut.

"Ini cara PBB untuk berkontribusi terhadap stabilitas Semenanjung Korea dan membuktikan keberpihakan mereka," tulis Song.

Sebelumnya, Washington mengumumkan bahwa pihaknya telah mengambil alih kapal kargo Wise Honest milik Korut.

Perebutan kapal terjadi di tengah ketegangan yang meningkat antara Korut dan AS setelah jalan buntu pembicaraan nuklir dalam KTT Hanoi pada awal tahun ini.

Dalam beberapa pekan terakhir, Pyongyang juga diketahui getol melakukan latihan pelemparan rudal jarak pendek.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)