Bus Wisata di Mesir Jadi Sasaran Bom, Tak Ada Korban WNI

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 13:55 WIB
Bus Wisata di Mesir Jadi Sasaran Bom, Tak Ada Korban WNI Pemerintah memastikan tidak ada WNI menjadi korban serangan bom yang menargetkan bus wisata di dekat Piramida Giza pada Minggu (19/5). (Reuters/Sayed Sheasha(
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban serangan bom yang menargetkan bus wisata di dekat Piramida Giza, Mesir, pada Minggu (19/5).

"Berdasarkan pemantauan KBRI Kairo dan pelacakan melalui sumber keamanan Mesir, Alhamdulillah sejauh ini diperoleh informasi tak ada WNI yang menjadi korban serangan tersebut," ujar Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi, melalui pernyataan resminya pada Senin (20/5).
Ledakan tersebut mengguncang bus berpenumpang 25 orang yang sedang melintas di dekat Grand Museum Mesir, tak jauh dari Piramida Giza.

"Berdasarkan penelusuran KBRI Kairo, diperoleh keterangan serangan ini menggunakan bahan peledak berskala ringan dan menyebabkan 7 warga Afrika Selatan dan 10 warga Mesir mengalami luka luka terkena dampak ledakan dan pecahan kaca jendela bus wisata," tulis Helmy.


[Gambas:Video CNN]

Meski tak ada korban WNI, KBRI Mesir tetap mengimbau warga Indonesia di sana untuk meningkatkan kewaspadaan dan menghindari daerah yang biasanya ramai.

"Kepada WNI yang melakukan kunjungan wisata ke Mesir diimbau untuk lapor diri melalui aplikasi safe travel yang diluncurkan Kementerian Luar Negeri," tulis Helmy.

Menutup pernyataannya, Helmy berkata, "Sementara bagi WNI yang yang akan melakukan kunjungan ke atau melintasi wilayah Sinai diminta untuk memastikan agar bus wisata yang digunakan mendapat pengawalan dari pihak keamanan Mesir." (has)