ISIS Pantik Kerusuhan di Penjara Tajikistan, 29 Tahanan Tewas

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 15:45 WIB
ISIS Pantik Kerusuhan di Penjara Tajikistan, 29 Tahanan Tewas Ilustrasi. (Akhtar Soomro)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya tiga sipir dan 29 tahanan tewas setelah sejumlah militan ISIS memantik kerusuhan di salah satu penjara di Tajikistan pada Minggu (19/5).

Kementerian Kehakiman Tajikistan melaporkan bahwa kerusuhan bermula ketika sejumlah anggota militan ISIS bersenjata pisau melakukan serangan yang menewaskan tiga sipir dan lima tahanan di penjara di Kota Vakhdat.
Salah satu pemantik kerusuhan tersebut adalah Bekhruz Gulmurod. Ia adalah putra Gulmurod Khalimov, seorang kolonel pasukan Tajikistan yang berbaiat kepada ISIS pada 2015.

Kini, aparat sudah memegang kembali kendali atas penjara yang menampung sekitar 1.500 narapidana tersebut, setelah melumpuhkan 24 militan ISIS perusuh.
Sebelumnya, ISIS juga pernah memicu kerusuhan di penjara Tajikistan pada November lalu. Kerusuhan tersebut terjadi beberapa setelah ISIS menyerang turis dari negara Barat pada Juli 2018.
 
ISIS sempat mengendalikan sebagian besar wilayah di Suriah dan Irak. Namun, kekuatan ISIS di kedua negara itu mulai redup setelah gempuran besar-besaran koalisi internasional.


(ajw/has)