Pemberontak Bunuh 25 Tentara dan Warga Nigeria

CNN Indonesia | Minggu, 26/05/2019 09:41 WIB
Pemberontak Bunuh 25 Tentara dan Warga Nigeria Ilustrasi Boko Haram. (Emmanuel Braun)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemberontak melancarkan serangan mematikan ke wilayah timur laut Nigeria, Sabtu (25/5).

Mereka melepaskan tembakan ketika tentara Nigeria mengawal sekelompok pengungsi di sebuah negara bagian Borno, Nigeria. Borno merupakan tempat Boko Haram dan gerilyawan lainnya berperang selama satu dekade ini.

Sumber keamanan Nigeria menyatakan serangan tersebut telah menewaskan sedikitnya 25 tentara dan masyarakat sipil.


"Mereka menyergap dan mengepung kendaraan tentara dan warga sipil dan menembak," kata salah satu sumber, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (26/5).


Sumber tersebut mengatakan untuk menjaga keamanan masyarakat, tentara telah mengevakuasi masyarakat di desa-desa dekat wilayah serangan. Mereka juga melakukan operasi terhadap pemberontak Boko Haram.

Dalam operasi tersebut, tentara mengerahkan setidaknya 50 kendaraan. Juru bicara militer Nigeria menolak untuk berkomentar atas kejadian tersebut. 

Perang antara pemberontak dengan pihak keamanan Nigeria telah menewaskan lebih dari 30.000 orang. Bukan hanya itu saja, perang juga mengakibatkan jutaan orang Nigeria hidup dalam ketidakpastian.

Pemerintah Nigeria sebenarnya sudah berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan upaya berkelanjutan dalam membasmi para militan. Tapi, upaya tersebut gagal dan militer Nigeria malah terus menderita kerugian besar dalam operasi mereka.






(Reuters/agt)