Maduro Janji Bawa Iktikad Baik ke Perundingan dengan Oposisi

CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 07:30 WIB
Maduro Janji Bawa Iktikad Baik ke Perundingan dengan Oposisi Presiden Nicolas Maduro berjanji bahwa delegasinya akan membawa iktikad baik ke perundingan dengan perwakilan pemimpin oposisi, Juan Guaido, di Norwegia. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden VenezuelaNicolas Maduro, berjanji bahwa delegasinya akan membawa iktikad baik ke perundingan dengan pemimpin oposisi, Juan Guaido, di Norwegia pada Senin (27/5).

"Kami akan menunjukkan Iktikad terbaik kami agar dapat mencari solusi demokratis dan damai melalui wadah yang disetujui kedua belah pihak untuk menolong konflik Venezuela," ujar Maduro sebagaimana dikutip AFP.
Maduro kemudian menjabarkan bahwa delegasi dalam perundingan pertama ini akan diwakili oleh Menteri Komunikasi, Jorge Rodriguez; Gubernur Miranda, Hector Rodriguez; dan Menteri Luar Ngeri, Jorge Arreaza.

Ini akan menjadi tatap muka pertama antara perwakilan Maduro dan Guaido, yang sudah diakui oleh 50 negara sebagai presiden interim Venezuela sejak demonstrasi besar-besaran pada Januari lalu.


"Ini adalah dialog antara Pemerintah Revolusioner, Pasukan Bersenjata Revolusioner, dan oposisi ekstremis yang mencoba mengudeta pemerintahan demi kepentingan Amerika Serikat," ucap Maduro.
AS memang menjadi negara pertama yang mengakui Guaido setelah pemimpin parlemen Venezuela itu mendeklarasikan diri sebagai presiden interim pada Januari lalu.

Para negara pendukung Guaido menganggap kepemimpinan Maduro tidak sah karena berdasarkan pemilu yang penuh dengan kecurangan.

[Gambas:Video CNN]

Maduro memang menghalalkan segala cara agar dapat menang pemilu di tengah ketidakpercayaan masyarakat yang menganggap sang presiden gagal membawa Venezuela keluar dari krisis.

Meski kehilangan dukungan dari sebagian besar warga dan puluhan negara lainnya, Maduro tetap didukung militer Venezuela dan para sekutunya, seperti China, Rusia, serta Kuba. (has/has)