Trump Jadi Pemimpin Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang

CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 10:55 WIB
Trump Jadi Pemimpin Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang Presiden AS Donald Trump bersama ibu negara, Melania Trump, menjadi pemimpin negara pertama yang bertemu dengan kaisar baru Jepang, Naruhito, Senin (28/5) pagi. (Reuters/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bersama ibu negara, Melania Trump, menjadi pemimpin negara pertama yang bertemu dengan kaisar baru Jepang, Naruhito, Senin (28/5) pagi.

Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako menyambut Trump bersama sang istri di Istana Kekaisaran dengan upacara megah. 
Trump dan Naruhito kompak mengenakan jas tuksedo serba hitam, sementara Melania dan Masako juga memakai pakaian berwarna krem senada.

Trump dan Melania menjadi pemimpin negara pertama yang diterima Naruhito sejak ia resmi mewarisi takhta dari sang ayah, Kaisar Akihito, pada awal Mei ini. 


"Sudah lebih dari 200 tahun sejak sesuatu seperti ini terjadi. Jadi, merupakan kehormatan besar untuk mewakili Amerika Serikat," ucap Trump sebelum bertemu Naruhito.
Pada malam hari, Naruhito dan Masako juga menjamu Trump dan Melania makan malam di istana. Naruhito menyuguhkan enam sajian, termasuk hidangan favorit Trump, yakni daging sapi.

Dikutip AFP, istana kekaisaran juga menyajikan hidangan penutup khas, yakni Glace Mont Fuji, khusus bagi Trump dan Melania.

[Gambas:Video CNN]

Selama acara makan malam berlangsung, Trump dan Naruhtio juga bersulang memuji persahabatan kedua negara. Dalam pidatonya, Trump bahkan menggunakan beberapa kata dalam bahasa Jepang.

Sebelum meninggalkan Tokyo pada Selasa (28/5), Trump dan Melania juga menemui Naruhito dan Masako untuk pamit. Gedung Putih menggambarkan hal itu sebagai "salam perpisahan" meski tidak merinci bagaimana pertemuan itu berlangsung. (rds/has)