Selundupkan Kokain di Tubuh, Lelaki Jepang Tewas di Pesawat

CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 15:27 WIB
Selundupkan Kokain di Tubuh, Lelaki Jepang Tewas di Pesawat Ilustrasi jenazah. (Istockphoto/Nito100)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria berusia 42 tahun asal Jepang tewas di atas pesawat maskapai Aeromexico, dalam perjalanan dari Mexico City, Meksiko menuju Tokyo, pada Senin (27/5). Ternyata setelah diautopsi, petugas forensik menemukan 246 bungkus kokain dalam perut dan usus lelaki itu.

Pria yang diidentifikasi sebagai Udo "N" tersebut sempat mengalami kejang-kejang setelah melakukan perjalanan dari ibukota Kolombia ke Mexico City dan mengejar penerbangan lanjutan menuju Jepang.
Insiden tersebut mengakibatkan pesawat maskapai Aeromexico yang ditumpanginya harus melakukan pendaratan darurat.

"Para pramugari sempat menyadari bahwa ada orang yang mengalami kejang-kejang dan meminta izin untuk mendarat darurat di Hermosillo, Sonora," jelas kantor kejaksaan dalam suatu pernyataan.


Pihak maskapai menyatakan ketika pesawat mendarat pada Jumat (24/5), pukul 02.25, paramedis masuk ke pesawat dan menyatakan Udo 'N' sudah meninggal.

Autopsi yang dilakukan menunjukkan bahwa pria itu telah menelan sekitar 246 bungkus kokain yang masing-masing berukuran 2.5 sentimeter. Kematiannya disebabkan karena pembengkakan pada otak akibat overdosis obat-obatan. Diduga ada bungkusan kokain yang pecah di dalam tubuh.
Setelah jasad Udo 'N' dipindahkan, maskapai Aeromexico yang membawa 198 penumpang lainnya kembali melanjutkan penerbangan dari Mexico City menuju Tokyo.

Aksi penyelundupan narkotika melalui tubuh manusia menjadi taktik yang populer dan kerap kali dilakukan oleh para kartel narkoba. (ajw/ayp)