Pilot Australia Tertembak Laser Saat Terbang di Atas LCS

CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 09:05 WIB
Pilot Australia Tertembak Laser Saat Terbang di Atas LCS Ilustrasi. (Life of Pix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pilot angkatan udara Australia dilaporkan terkena tembakan laser saat sedang menerbangkan pesawatnya di atas Laut China Selatan.

Sejumlah sumber mengatakan kepada Australian Broadcasting Corporation bahwa pilot helikopter itu menjadi sasaran laser saat sedang beroperasi pada Selasa (28/5) malam.
Akibat tembakan itu, pilot tersebut terpaksa kembali ke pangkalan untuk menjalani pemeriksaan medis.

Sebagaimana dilansir AFP, Australian Broadcasting Corporation tak menjabarkan lebih lanjut pemeriksaan medis dan alasan pilot itu menjadi target serangan laser.


AFP hanya melaporkan bahwa Australia memang sedang ikut serta dalam latihan militer gabungan di Laut China Selatan yang dipimpin oleh Amerika Serikat.
Sementara itu, ABC melaporkan bahwa tembakan laser itu berasal dari kapal nelayan China. Meski demikian, laporan itu belum bisa dikonfirmasi.

Sejumlah analis meyakini China mengoperasikan milisi maritim yang salah satunya terdiri dari kapal nelayan untuk menjalankan misi di Laut China Selatan.

Selama ini, China mengklaim 90 persen wilayah Laut China Selatan yang merupakan jalur emas perdagangan. Klaim ini tumpang tindih dengan pengakuan wilayah kedaulatan Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei. (has)