Polisi Brasil Tangkap 968 Tersangka Pembunuhan

CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 10:55 WIB
Polisi Brasil Tangkap 968 Tersangka Pembunuhan Ilustrasi. (Reuters/Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Brasil menangkap 968 tersangka pembunuhan dari operasi besar-besaran yang digelar di seluruh wilayah negara itu pada Selasa (28/5).

Dewan Nasional Kepolisian Sipil Brasil mengatakan bahwa dari antara ratusan orang itu, 56 di antaranya merupakan tersangka yang membunuh korban karena alasan diskriminasi jenis kelamin.
AFP melaporkan bahwa operasi besar-besaran ini merupakan upaya kedua dari Operasi Cronos. Operasi ini menjadi perhatian tersendiri di Brasil.

Kepolisian menarik perhatian warga dengan menyiarkan langsung proses operasi itu melalui media sosial.


"Dengan memenjarakan para pembunuh, kami berharap operasi ini dapat mencegah kejahatan di masa depan," demikian pernyataan kepolisian sipil Brasil.

Dalam Operasi Cronos sebelumnya pada Agustus tahun lalu, kepolisian menahan hampir 3.000 orang yang diduga melakukan pembunuhan, baik berdasarkan jenis kelamin atas kekerasan rumah tangga.
Operasi ini digelar di tengah kekhawatiran publik akan peningkatan angka pembunuhan akibat diskriminasi jenis kelamin di Brasil.

Pada Februari lalu, misalnya, Komisi Hak Asasi Manusia Inter-Amerika, menyatakan "penyesalan mendalam" mereka atas kekerasan berdasarkan diskriminasi jenis kelamin di Brasil.

Merujuk pada data yang mereka himpun, setidaknya 126 perempuan di Brasil meninggal dunia karena kekerasan akibat diskriminasi jenis kelamin di negara tersebut. (has)