Berbagi Berkah Ramadan dalam Kuil Sikh di Dubai

CNN Indonesia | Kamis, 30/05/2019 04:50 WIB
Berbagi Berkah Ramadan dalam Kuil Sikh di Dubai Ilustrasi buka puasa. (REUTERS/ Hamad I Mohammed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kuil Sikh di Dubai, Uni Emirat Arab, berbagi dengan umat Muslim setempat selama Ramadan. Mereka secara sukarela menyediakan menu halal untuk berbuka puasa hingga menyediakan tempat salat.

Pengurus rumah ibadah Sikh Gurdwara Guru Nanak Darbar menyebarkan undangan buka bersama gratis itu melalui akun media sosial mereka.
Menurut wakil pemimpin Gurdwara Guru Nanak Darbar, Bubbles Kandhari, kegiatan ini adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada dunia semua kelompok bisa bersahabat.

"Mau itu Anda umat Hindu, Muslim, atau Kristen, tidak masalah. Semuanya terlahir sama sebagai manusia," ucap Kandhari, Rabu (29/5).


Tahun-tahun sebelumnya, Gurdwara Guru Nanak Darbar hanya menggelar acara buka bersama satu hari selama bulan Ramadan. Namun, karena pemerintah Uni Emirat Arab menetapkan tahun ini sebagai Tahun Toleransi, Gurdwara menghidangkan buka puasa 30 hari selama bulan Ramadan.
Terlihat umat Sikh dan peserta lainnya menyantap hidangan berbuka bersama di salah satu sudut Gurdwara, sementara sisi lain gedung dipakai umat Muslim untuk salat.

Seorang ekspatriat India yang beragama Islam dan tengah tinggal di Dubai, Shuaib dan Akil, mengatakan kerap membawa keluarga mereka ke Gurdwara untuk berbuka puasa.

Shuaib dan Akil mengaku mengetahui informasi buka bersama ini dari media sosial.

"Biasanya kami pergi ke masjid setiap hari, tetapi itu hanya untuk komunitas kami," kata Akil.
"Saya sangat tertarik untuk melihat di mana semua orang berkumpul dan menunjukkan kepada anak-anak saya," paparnya seperti dikutip Reuters. (rds/ayp)