FOTO: 'Putri Duyung' Tenggelam di Jantung Budapest

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 30/05/2019 22:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal turis bernama 'Mermaid' ditabrak kapal lain sampai terbalik dan tenggelam, membuat 33 wisatawan asal Korsel menjadi korban.

Sebanyak 33 turis asal Korea Selatan yang berkunjung ke Budapest hanya ingin berwisata seperti pelancong lain. Mereka menaiki kapal Mermaid yang mengantar ke Sungai Danube, Rabu (29/5) malam untuk melihat-lihat lampu kota Hungaria di sekitar gedung parlemen. (REUTERS/Bernadett Szabo)
Namun kapal mereka, yang berukuran 26 meter, ditabrak kapal yang lebih besar. Cuaca saat itu hujan deras. Jarak pandang terbatas, hawa sangat dingin. Temperatur air di Sungai Danube bahkan disebut-sebut hanya 10 hingga 15 derajat Celcius. (Zoltan Mathe/MTI via AP)
‘Mermaid’ pun ‘tersungkur.’ Kapal itu terbalik dan tenggelam dengan cepat, membawa 33 turis dan 2 kru kapal asal Hungaria ke bawah air. (Zoltan Mathe/MTI via AP)
Kepolisian setempat langsung bertindak. Sebanyak 7 orang ditemukan dalam kondisi meninggal. Tim penyelamat terus mencari dan menemukan 7 orang lain dalam kondisi luka. (Photo by GERGELY BESENYEI / AFP)
Mereka yang luka, langsung dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan intensif. Hingga saat ini, Kamis (30/5) kondisi mereka stabil, meski sempat terserang hipotermia. Mereka juga disebut mengalami gejala syok. (Zsolt Szigetvary/MTI via AP)
Sementara itu, 21 orang dilaporkan masih hilang. Padahal dari 33 turis Korsel itu ada bocah perempuan berusia 6 tahun. Tim penyelamat berusaha mencari, namun kondisi cuaca membuat mereka kesulitan. (Peter Lakatos/MTI via AP)
Presiden Korea Selatan Monn Jae-in sudah berkomentar atas kejadian itu. Ia memerintahkan pemerintahnya mengirim semua kemungkinan untuk membantu upaya penyelamatan. Ia bahkan mengirim satu tim berisi 18 orang untuk membantu pemerintah Budapest. (Zsolt Szigetvary/MTI via AP)
Staf kedutaan besar Korsel di Budapest juga membantu layanan darurat untuk mengidentifikasi para korban. (REUTERS/Bernadett Szabo)