Dilantik Periode Kedua, PM India Rombak Kabinet

CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 16:40 WIB
Dilantik Periode Kedua, PM India Rombak Kabinet PM Narendra Modi kembali dilantik sebagai pemimpin India setelah menang dalam pemilu. Dalam upacara penahbisan, Jumat (31/5), Modi merombak jajaran kabinetnya. (INDIA-RSS/Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Narendra Modi kembali dilantik sebagai pemimpin India setelah menang dalam pemilu lalu. Dalam upacara penahbisan pada Jumat (31/5), Modi merombak jajaran kabinetnya.

Sebagaimana dilansir AFP, Modi melakukan sejumlah perubahan yang dianggap mengejutkan di dalam kabinet pemerintahannya.
Salah satu keputusan paling menggemparkan adalah penetapan salah satu tangan kanan Modi, Amit Shah, menjadi menteri dalam negeri.

Dikenal sebagai nasionalis Hindu garis keras, Shah merupakan presiden Partai Bharatiya Janata, partai tempat Modi bernaung. Selama ini, Shah tak pernah memegang jabatan menteri.


Setelah dilantik nanti, Shah harus langsung menangani sejumlah isu penting, mulai dari imigrasi hingga keamanan. Beberapa pihak pun mempertanyakan kemampuan Shah dalam menangani isu sensitif tersebut.
Sejumlah media lokal melaporkan bahwa Shah mendapatkan jabatan menteri itu sebagai hadiah karena berhasil memenangkan Partai Bharatiya Janata dalam pemilu lalu.

Selain itu, Modi juga merombak jajaran pejabat yang memegang peranan penting dalam pembentukan kebijakan ekonomi, penciptaan lapangan kerja baru, dan pertanian.

[Gambas:Video CNN]

Salah satu yang juga mendapat sorotan adalah pilihan Modi untuk menunjuk seorang pakar urusan China, Jaishankar, sebagai menteri luar negeri.

Sempat menjadi pejabat tinggi di Kementerian Luar Negeri India sebelum pensiun tahun lalu, Jaishankar memang dikenal sebagai salah satu penasihat paling berpengaruh bagi Modi dalam berdiplomasi selama periode pertamanya. (has/has)