Belasungkawa Negara Sahabat untuk Ani Yudhoyono

CNN Indonesia | Sabtu, 01/06/2019 18:54 WIB
Belasungkawa Negara Sahabat untuk Ani Yudhoyono Istri Presiden ke-6 RI, SBY, Ani Yudhoyono meninggal dunia. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ani Yudhoyono, istri Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggal dunia pada pukul 11.50 waktu Singapura. Ungkapan bela sungkawa mengalir tak hanya dari masyarakat Indonesia tetapi juga dari perwakilan negara-negara sahabat.

"Atas nama rakyat Amerika dan Pemerintah Amerika Serikat, saya menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas meninggalnya mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono. Ibu Yudhoyono adalah penyokong tanpa lelah untuk kesejahteraan rakyat Indonesia yang juga teman Amerika Serikat," tulis Kedutaan Besar AS melalui pernyataan resmi, Sabtu (1/6).

Selain Kedutaan Besar AS, ucapan duka juga dituliskan wakil perdana menteri Malaysia, Wan Azizah Ismail. Melalui akun Twitternya, @drwanazizah, dia menuliskan :


"Salam takziah buat keluarga @SBYudhoyono dan seluruh rakyat Indonesia atas pemergian bekas wanita pertama, Ani Yudhoyono. Semoga tabah menghadapi berita duka ini."



Dubes Jerman untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Peter Schoof juga mengucapkan bela sungkawa melalui akun Twitternya. Dia berharap keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan.

"Saya turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Ibu Ani Yudhoyono. Pikiran dan doa saya untuk keluarga #Yudhoyono. Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan. @SBYudhoyono @AgusYudhoyono @KSPgoid @Kemlu_RI #SelamatJalanBuAni #RIPAniYudhoyono," tulisnya.

Ucapan duka pun datang dari delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada mantan Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga atas meninggalnya mantan Ibu Negara RI Hj Ani Yudhoyono #RIPAniYudhoyono #SelamatJalanIbuAni," tulis delegasi Uni Eropa melalui akun Twitter @uni_eropa.


Rencananya, jenazah bakal diterbangkan dari Singapura menggunakan pesawat Hercules hari ini pada pukul 20.30 WIB. Di pesawat, jenazah Ani Yudhoyono didampingi suaminya, Susilo Bambang Yudhoyono serta serta kedua putera mereka, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Setibanya di Halim Perdanakusumah, jenazah langsung dibawa menuju kediaman di Puri Cikeas untuk disemayamkan. Nantinya, jenazah bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Minggu (2/6).

Kondisi Ani Yudhoyono mengalami kemunduran sejak Rabu (29/5) dan langsung dipindahkan ke ruang ICU di National University Hospital (NUH). Meski sempat membaik pada Jumat (31/5), kondisinya semakin menurun pada Sabtu (1/6) pagi sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir pukul 11.50 waktu Singapura.

"(Ani meninggal dunia) dalam kondisi tidak sadarkan diri. Waktu itu ditidurkan karena gagal napas, sehingga beliau dipakaikan respirator," jelas Terawan.

[Gambas:Video CNN] (els/DAL)