Trump Sebut Orang Nomor Satu di London 'Pecundang'

AFP, CNN Indonesia | Senin, 03/06/2019 19:25 WIB
Trump Sebut Orang Nomor Satu di London 'Pecundang' Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: REUTERS/Jim Young)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut Wali Kota London Sadiq Khan 'pecundang' sebelum makan siang bersama Ratu Elizabeth II dalam kunjungannya ke Inggris.

Khan yang sebelumnya mengkritik sambutan 'karpet merah' buat kedatangan Trump diejek dalam cuitan Twitter. Trump mengatakan Khan telah melakukan 'pekerjaan buruk' pada London dan melabelinya dengan 'pecundang sejati'.



"Khan mengingatkan saya pada kebodohan dan tidak kompetennya Wali Kota New York (Bill) de Blasio, yang juga telah melakukan pekerjaan buruk - hanya setengah tingginya. Pada kejadian apapun, saya mengharapkan menjadi teman sejati buat Inggris," kata Trump pada cuitannya.


Menurut AFP, kicauan Trump itu diunggah saat pesawatnya belum mendarat di Inggris. Dia dan istrinya, Melania, dijadwalkan diterima Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham dan diperlakukan sebagai tamu kehormatan, mendapatkan makan siang pribadi, dan jamuan kemilau.


Trump Sebut Orang Nomor 1 di London 'Pecundang' Wali Kota London Sadiq Khan. (Foto: REUTERS/Shannon Stapleton)
Khan telah memilih langkah oposisi pada kunjungan tiga hari Trump di Inggris. Dia menulis artikel pada surat kabar yang isinya mengkomparasi Trump dengan diktaktor Eropa dari era 1930 - 1940.

'Donald Trump hanyalah salah satu contoh paling mengerikan dari ancaman global yang tengah berkembang," tulis Khan.

Kunjungan Trump dilakukan saat Inggris masih berkutat soal keputusan Brexit. AS dan Inggris memilih 'hubungan spesial' namun kini di bawah tekanan setelah perbedaan pendekatan pada Iran, penggunaan perusahaan asal China untuk pembangunan jaringan 5G, perubahan iklim, dan arah politik personal Trump. (fea)