Trump Ucapkan Selamat Idul Fitri untuk Muslim Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 05/06/2019 11:47 WIB
Trump Ucapkan Selamat Idul Fitri untuk Muslim Dunia Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Ibu Negara, Melania, mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh umat Muslim di dunia. (Reuters/Joshua Roberts)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Ibu Negara, Melania, mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh umat Muslim di dunia.

"Melania bersama saya mengucapkan selamat Idul Fitri," kata Trump melalui pernyataan resmi yang dirilis di situs Gedung Putih.
Trump kemudian mengatakan bahwa umat Muslim di seluruh dunia biasanya menggunakan momen Idul Fitri untuk berdoa dan melakukan refleksi diri.

"Hari suci ini memberikan umat Muslim, baik di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia, kesempatan untuk memperbarui komitmen untuk membantu mereka yang kurang beruntung, memperkuat iman kepada Tuhan, dan menjalin relasi baik dengan orang lain," tulis Trump.


Ia kemudian menyampaikan harapan agar Idul Fitri kali ini membawa sukacita dan damai bagi semua yang merayakan.

"Kami berdoa agar semua masyarakat di dunia merasakan berkat kasih, pengampunan, dan kebaikan Tuhan. Eid Mubarak," kata Trump.
Ucapan Lebaran dari Trump dinanti oleh banyak pihak karena Presiden AS itu dikenal kerap menebarkan sentimen negatif atas Muslim.

Trump bahkan tidak menggelar makan malam untuk berbuka bersama presiden pada Ramadan tahun lalu, mengakhiri tradisi pemerintah AS selama dua dekade belakangan.

Sebagaimana dilansir The Independent, tradisi ini pertama kali diadakan pada 1996 atas prakarsa Hillary Clinton yang kala itu masih menjadi ibu negara, mendampingi suaminya, Bill Clinton.
Sejak saat itu, Gedung Putih selalu mengadakan iftar tahunan dengan tamu undangan dari berbagai kalangan, mulai dari anggota Kongres, diplomat, hingga tokoh Muslim.

Iftar ini dianggap sebagai simbol persaudaraan dengan umat Muslim di AS. Dalam setiap kata sambutannya, presiden AS pun biasanya menyampaikan pesan yang merangkul umat Muslim. (has/has)