Partai Demokrat Minta Donald Trump Batalkan Pidato 4 Juli

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 10:11 WIB
Partai Demokrat Minta Donald Trump Batalkan Pidato 4 Juli Presiden AS Donald Trump berencana menyampaikan pidato di Lincoln Memorial pada Hari Kemerdekaan. (MANDEL NGAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrat mendorong Presiden Amerika Serikat Donald Trump membatalkan rencana berpidato di mal National di Washington DC, pada Hari Kemerdekaan 4 Juli nanti.

Demokrat mengatakan pidato Trump itu akan terlihat seperti kampanye politik pada hari libur yang biasanya tidak dikaitkan dengan agenda politik.

Pada Februari lalu, Trump lewat akun Twitter menyatakan bahwa pemerintahannya akan mengadakan acara "Salut untuk Amerika", perayaan hari kemerdekaan yang dia prediksi akan jadi kerumunan massa terbesar dalam sejarah Washington.


Ajang ini menurutnya akan digelar di monumen Lincoln Memorial yang terletak di sayap barat mal National dan akan menampilkan kembang api, sejumlah acara hiburan, serta akan disuguhkan oleh "presiden favoritmu, saya!"

Sebulan sebelum perayaan tersebut, tiga anggota Dewan Perwakilan Demokrat termasuk pemimpin Steny Hoyer, menuliskan pernyataan untuk Trump. Mereka menyatakan kecemasan atas keinginan Trump tersebut.

"Selama beberapa dekade, perayaan 4 Juli di mal National adalah ajang non-partisan dan tidak memiliki agenda politik. Suatu waktu untuk merayakan bapak bangsa Amerika dan merenungi pengorbanan pria dan wanita yang membantu AS merdeka," demikian bunyi pernyataan mereka.

"Karena itulah, sangat disayangkan jika Anda menganggapnya sebagai ajang yang membingungkan, dengan tampil di televisi, mengadakan kampanye di Mall dengan mengorbankan kepentingan umum."

Pengumuman Trump pada Februari lalu muncul setelah ia membatalkan ide menggelar parade militer secara besar-besaran pada Hari Pahlawan, 11 November lalu.

Trump mendapat ide parade ini setelah mendampingi Presiden Perancis Emmanuel Macron melihat perayaan Hari Kemerdekaan Perancis pada 2017. Trump menginginkan parade yang sama besarnya pada Hari Pahlawan di Washington.

Parade yang direncanakan Trump melibatkan pawai prajurit, konvoi kendaraan perang dan juga atraksi udara oleh para pilot jet tempur. Namun, penasehat Trump menyarankan parade itu dibatalkan terutama karena biayanya akan mencapai US$92 juta.

Lincoln Memorial, lokasi yang akan digunakan Trump untuk berpidato, adalah salah satu tempat bersejarah di AS yaitu ketika Martin Luther King Jr. menyampaikan pidato "I Have A Dream" pada 1963. Peristiwa itu tercatat sebagai pertemuan dengan massa terbesar dalam Amerika Serikat.

(vws)