Inggris Salahkan Iran atas Serangan Kapal Tanker Teluk Oman

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 15/06/2019 06:25 WIB
Inggris Salahkan Iran atas Serangan Kapal Tanker Teluk Oman Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt (Reuters/Hannah Mckay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman pada Kamis (13/6) menyedot perhatian dunia. Teranyar, Inggris menyalahkan Iran atas insiden tersebut.

Sebuah penilaian independen yang dilakukan Inggris menyimpulkan bahwa Iran 'hampir pasti' bertanggung jawab atas serangan kapal tanker di Teluk Oman.

"Penilaian kami menyimpulkan bahwa tanggung jawab atas serangan-serangan tersebut hampir terletak pada Iran," ujar Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt, Jumat (14/6), melansir AFP.

Kesimpulan itu diambil Inggris berdasarkan pola perilaku Iran yang tak stabil dan menimbulkan bahaya serius bagi kawasan tersebut.

"Tak masuk akal jika ada negara lain yang harus bertanggung jawab," ujar Hunt.

Hunt meminta Iran untuk menghentikan semua bentuk kegiatan yang menimbulkan kondisi tak stabil.

Saat ini, lanjut Hunt, Inggris tengah bekerja dengan negara-negara lain mencari solusi diplomatik untuk meredakan ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat.

Sebuah serangan menyasar dua buah kapal tanker di Teluk Oman pada Kamis lalu. Dua kapal tanker yang terkena serangan adalah milik perusahaan Jepang dan Norwegia.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarid mencurigai insiden tersebut. Penyebabnya, insiden terjadi berbarengan dengan kedatangan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam misi meredakan ketegangan antara AS dan Iran.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)