Pejabat Uni Eropa Temui Wamenlu Iran Bahas Kesepakatan Nuklir

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 04:43 WIB
Pejabat Uni Eropa Temui Wamenlu Iran Bahas Kesepakatan Nuklir Ilustrasi. (Reuters/farsnews.com/Handout)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil menteri luar negeri Iran bertemu dengan diplomat Uni Eropa untuk membahas masa depan dari kesepakatan nuklir yang bermasalah di tengah meningkatnya ketegangan antara Teheran dan Washington.

Pertemuan di Teheran antara Abbas Araghchi dan Helga Schmid, Wakil Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini berfokus pada kesepakatan nuklir 2015 sambil membahas masalah regional dan internasional.

Pembicaraan itu menyusul serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman pada Kamis (13/6). Amerika Serikat menyalahkan Iran atas kejadian ini dan Teheran telah menyangkal.
Ketegangan AS-Iran telah meningkat sejak Presiden Donald Trump menarik tahun lalu dari perjanjian nuklir penting yang ditandatangani Iran dengan kekuatan dunia.


Uni Eropa adalah pendukung kuat perjanjian dan telah berjanji untuk mendukung Teheran dalam menghadapi sanksi AS yang melumpuhkan. Tetapi para pejabat Iran telah menyuarakan frustrasi pada kurangnya langkah konkret yang diambil sejauh ini.

Teheran telah memberikan mitra yang tersisa dari perjanjian itu sampai Juli untuk memenuhi janji mereka, atau memperingatkan akan mundur dari komitmen nuklir utamanya.
Perhentian Schmid di Teheran mengikuti kunjungan pekan lalu oleh Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Yang terakhir berada di ibukota Iran ketika serangan tanker terjadi, dengan ledakan menabrak kapal milik Jepang dan yang dioperasikan Norwegia.

Insiden di dekat Selat Hormuz, jalur air utama yang vital bagi pasokan minyak dunia, telah menimbulkan kekhawatiran konflik meletus di kawasan itu. (age/age)