Putin Beri Kado Ulang Tahun Es Krim Raksasa untuk Xi Jinping

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 05:46 WIB
Putin Beri Kado Ulang Tahun Es Krim Raksasa untuk Xi Jinping Xi Jinping dan Vladimir Putin. (Maxim SHIPENKOV / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiahkan kepada rekannya Presiden China Xi Jinping es krim raksasa untuk ulang tahunnya yang ke-66 sebelum pertemuan puncak di Tajikistan pada Sabtu, (15/6).

Kremlin mengatakan hadiah ini sebagai tanda hubungan hangat pasangan itu.

"Selamat ulang tahun, semua harapan yang terbaik. Aku senang punya teman sepertimu," kata Putin kepada Xi, menurut situs web Kremlin.


Kedua pemimpin bertemu di ibukota Tajik, Dushanbe untuk pertemuan puncak kelima Konferensi tentang Tindakan Interaksi dan Membangun Kepercayaan di Asia (CICA), yang mempertemukan delegasi dari 27 negara termasuk Iran dan Qatar.
Xi pekan lalu melakukan kunjungan tiga hari ke Rusia untuk mengunjungi Putin, yang ia sebut sebagai sahabat, ketika kedua negara berusaha untuk meningkatkan hubungan di tengah ketegangan bersama dengan AS.

"Kami datang dengan hadiah bagus," kata Putin pada Sabtu sebelum menyajikan kotak besar penuh es krim Rusia ketika suhu di Dushanbe membengkak di atas 30 derajat Celcius.

Hadiah lainnya termasuk kue dan vas hiasan.

Gambar menunjukkan Xi dan Putin memegang gelas sampanye untuk bersulang pada hari ulang tahun.
"Seluruh tim kami, dan saya bahkan dapat mengatakan seluruh bangsa kami, berharap yang terbaik bagi Anda di dunia karena Anda melakukan banyak hal untuk pengembangan hubungan antara kedua negara kami," kata Putin.

"Kamu menikmati otoritas besar di hati rakyat Tiongkok," kata Xi.

Kedua orang itu pekan lalu menandatangani pernyataan bersama tentang pengembangan kemitraan komprehensif dan kerja sama strategis. Perusahaan-perusahaan besar Rusia dan Cina juga menandatangani perjanjian kerja sama.

KTT CICA, yang juga dihadiri oleh Presiden Turki Recip Tayyip Erdogan, bertujuan untuk mengeksplorasi ide untuk menstabilkan Asia di tengah geopolitik yang bergejolak.

"Pemimpin Rusia memuji peran Xi Jinping dalam pengembangan hubungan bilateral dan mencatat keberhasilan kunjungan kenegaraan baru-baru ini oleh Presiden China ke Rusia," kata situs web Kremlin. (age/age)