Listrik di Argentina dan Uruguay Mengalami Pemadaman 'Total'

CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 22:29 WIB
Listrik di Argentina dan Uruguay Mengalami Pemadaman 'Total' Ilustrasi (REUTERS/Carlos Jasso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemadaman listrik besar-besaran menimpa dua negara di Amerika Selatan yaitu Argentina dan Uruguay pada Minggu (16/6).

Menurut perusahaan listrik Uruguay UTE, pemadaman listrik di negaranya dimulai pukul 07.06 pagi waktu setempat. Perusahaan mengklaim pemadaman itu terjadi akibat kesalahan jaringan listrik di Argentina.

Dua perusahaan listrik Argentina, Edesur pun mengkonfirmasi pemadaman listrik di seluruh kota tanpa menyebutkan penyebabnya.


Hal itu dicuitkan di akun resmi Twitter mereka dengan menuliskan, "Kegagalan besar dalam sistem interkoneksi listrik membuat seluruh Argentina dan Uruguay tidak memiliki daya listrik."

Lebih lanjut, perusahaan mengatakan proses normalisasi jaringan listrik telah dimulai dari ibukota Federal dan Buenos Aires dan akan memakan waktu selama beberapa jam ke depan.





Edesur sendiri merupakan distributor terbesar di Argentina dan menyebut peristiwa ini sebagai kegagalan 'lumrah' dalam sistem interkoneksi.

UTE Uruguay mengatakan pemadaman listrik terjadi lebih dari satu jam.

"Beberapa kota pesisir sudah dapat dijangkau dan tengah dikerjakan untuk pemulihan," kata Perwakilan UTE Uruguay dikutip AFP. (din/eks)