Spanyol Tangkap Geng Suriah Bantu Danai Milisi Al Qaeda

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 16:33 WIB
Spanyol Tangkap Geng Suriah Bantu Danai Milisi Al Qaeda Ilustrasi anggota kepolisian Spanyol. (REUTERS/Gustau Nacarino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Spanyol berhasil menahan 10 warga keturunan Suriah yang diduga membiayai milisi kelompok teroris Al Qaeda pada Selasa (18/6) kemarin. Mereka mendapatkan pemasukan dari kegiatan kriminal untuk kemudian dikirim ke Suriah.

Lebih dari 350 anggota satuan tugas gabungan kepolisian Spanyol dan Europol turut ambil bagian dalam operasi penangkapan di Madrid, kawasan selatan Toledo, serta wilayah timur provinsi Valencia, seperti dilansir AFP, Rabu (19/6).
Sejauh ini, petugas kepolisian telah memeriksa sekitar 14 rumah dan tempat-tempat lainnya.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol melaporkan organisasi tersebut dipimpin oleh sebuah klan keluarga yang bertahun-tahun diduga telah menggunakan bisnis hukum untuk menutupi operasi kejahatan, menghindari pajak dan melakukan pencucian uang dalam jumlah besar.


"Para tahanan diduga telah mengambil uang dari setiap operasi hukum, mengganti jumlah asli uang dalam tanda terima dengan nilai yang lebih rendah," tambahnya.

Sebagian besar simpanan uang itu kemudian dialokasikan ke provinsi Idlib, Suriah yang dikuasai oleh pihak oposisi. Tujuannya untuk membiayai operasi milisi di sana.
Pengiriman uang itu dilakukan melalui kurir dan sistem "hawala," yakni metode pembayaran informal yang didasari atas rasa kepercayaan. Sistem ini dipilih karena sulit untuk dilacak jika dibandingkan dengan transfer bank.

Kerabat dari seorang tersangka diketahui sebagai anggota Al Qaeda.

Salah seorang tahanan sebelumnya telah ditangkap di Suriah pada 2008 silam dan dihukum atas keterlibatannya dalam suatu serangan serta menjadi anggota kelompok militan Fatah al-Islam.
Operasi penangkapan ini dilakukan beberapa pekan setelah seorang warga Suriah ditahan karena dicurigai telah menyalurkan uang ke kelompok militan Eropa yang memiliki hubungan dengan ISIS. (ajw/ayp)