Fasilitas ExxonMobil di Irak Diserang, Tiga Pekerja Luka

CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 05:14 WIB
Fasilitas ExxonMobil di Irak Diserang, Tiga Pekerja Luka Ilustrasi kilang minyak. (REUTERS/David Mdzinarishvili)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak tiga orang mengalami luka-luka akibat serangan roket yang menghantam kilang minyak di sebelah selatan provinsi Basra, Irak pada Rabu (19/6). Roket tersebut juga menyerang sebuah kamp milik perusahaan asal Amerika Serikat, ExxonMobil.

Menurut laporan petugas keamanan Irak, Mahdi Raykan, serangan roket terjadi pada pagi hari waktu setempat di ladang minyak Zubair dan Rumeila. Kilang minyak itu dikelola oleh perusahaan Irak, dimana ExxonMobil juga memiliki sejumlah kilang di sana.
Hingga kini, perusahaan minyak dan gas bumi terbesar di dunia, ExxonMobil yang bermarkas di Irving, Texas, Amerika Serikat belum memberi tanggapan terkait insiden yang terjadi.

Pada Mei lalu, pihaknya sempat mengevakuasi semua petugas dari ladang minyak Qurna Barat 1 di provinsi Basra.


Sementara ketegangan terus meningkat antara Iran dan AS, ada kekhawatiran bahwa Irak mungkin terperangkap di antara konflik kedua negara tersebut.
Irak sendiri menampung lebih dari 5 ribu pasukan AS serta menjadi markas bagi pasukan milisi yang didukung Iran, di mana mereka ingin agar pasukan AS meninggalkan negara itu. (ajw/ayp)