Jokowi Direncanakan Temui Putin di KTT G20

CNN Indonesia
Rabu, 19 Jun 2019 18:09 WIB
Rencana kunjungan Presiden Rusia, Vladimir Putin, ke Indonesia sejak 2018 sampai saat ini belum terwujud. Presiden Rusia, Vladimir Putin. (REUTERS/Alexander Zemlianichenko/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri menyatakan tengah merencanakan pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang, pada 28-29 Juni mendatang.

Juru bicara Kemlu RI, Arrmanatha Nasir, mengatakan rencana pertemuan kedua pemimpin itu dijadwalkan lantaran rencana Putin untuk mengunjungi Indonesia belum terwujud.
"Beberapa kali rencana kunjungan (Putin) sudah direncanakan sejak tahun lalu, tapi pending. Itu sampai saat ini kami masih bahas dengan Rusia, mencari kemungkinan apakah bisa terlaksana tahun ini," kata Arrmanatha dalam jumpa pers rutin di kantornya, Rabu (19/6).

"Kami juga sedang mencoba apakah mungkin (pertemuan Jokowi-Putin) dilakukan di sela-sela pertemuan G20," paparnya menambahkan.

Putin semula dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia pada pertengahan 2018, tepatnya setelah dia dilantik sebagai presiden untuk periode barunya pada 7 Mei 2018. Namun, beberapa waktu lalu, Duta Besar Rusia di Jakarta, Lyudmila Georgievna, mengatakan bahwa lawatan Putin ke Indonesia nampaknya tidak akan berlangsung saat itu.
Tak lama, Putin kembali dijadwalkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia usai pemilihan umum 2019 pada April lalu. Namun, hingga kini rencana lawatannya ke Indonesia juga belum dipastikan.

Meski begitu, Putin dan Jokowi telah bertemu secara bilateral di sela KTT ASEAN di Singapura pada November 2018 lalu.

[Gambas:Video CNN] (rds/ayp)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER