FOTO: Ratapan Perempuan Venezuela yang Terempas Krisis

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 19:33 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Krisis politik dan ekonomi di Venezuela sejak 2018 membuat sekitar empat juta warganya mengungsi, termasuk para perempuan.

Ratusan ribu perempuan Venezuela kini terpaksa merantau ke negara tetangga bahkan hingga negeri seberang untuk menghindari krisis. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Dengan uang yang pas-pasan, para perempuan Venezuela yang mengungsi dengan membawa anak mereka harus berjuang hidup. Bahkan tidak sedikit dari mereka orang tua tunggal. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Para perempuan Venezuela terpaksa angkat kaki dari negara mereka karena tidak sanggup hidup dalam kemiskinan dan situasi hiper inflasi. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Banyak dari perempuan pengungsi asal Venezuela berharap ada pergantian rezim yang saat ini dipimpin Nicolas Maduro supaya keadaan menjadi lebih baik, tetapi tidak kunjung terwujud. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Sanksi ekonomi dari negara lain dan sikap isolasi pemerintah Venezuela membuat para perempuan setempat justru semakin terhimpit dan memilih mengungsi demi kehidupan yang lebih baik. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Akan tetapi, kehidupan di negara tetangga seperti Peru dan Kolombia juga tidak terlalu ramah bagi para pengungsi perempuan asal Venezuela. Tak sedikit dari mereka menjadi korban penipuan dan bahkan terjerumus dalam prostitusi. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Para pengungsi perempuan asal Venezuela juga harus terbebani karena terpaksa meninggalkan sanak saudara atau bahkan suami mereka di kampung halaman demi mencari kehidupan baru. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Para pengungsi perempuan asal Venezuela harus saling bantu untuk bisa hidup di negeri orang. Bahkan tidak sedikit dari mereka mengubur cita-cita karena meninggalkan kampung halaman. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)