Bos Mafia Italia Kabur, Dirjen Pemasyarakatan Uruguay Mundur

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 12:24 WIB
Bos Mafia Italia Kabur, Dirjen Pemasyarakatan Uruguay Mundur Ilustrasi penjara. (Istockphoto/chinaface)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan Uruguay, Alberto Gadea, memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa (25/6) kemarin. Keputusan itu diambil setelah seorang bos mafia Italia, Rocco Morabito, dilaporkan melarikan diri dari penjara Montevideo, Uruguay pada Minggu (23/6) malam waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Rabu (26/6), menyatakan menerima pengunduran diri Gadea. Namun, mereka berjanji bakal menyelidiki seluruh sipir untuk mencari tahu bagaimana Morabito bisa kabur dan apakah ada persekongkolan dengan petugas penjara.
Kementerian Dalam Negeri Uruguay melaporkan Morabito beserta tiga tahanan lainnya berhasil melarikan diri melalui atap bekas penjara Carcel Central. Padahal menurut Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Salvini, Morabito sedang menunggu proses ekstradisi.

Morabito (52) yang mendapat julukan 'raja kokain Milan' itu telah mendekam di penjara Uruguay sejak 2017. Dia merupakan tokoh penting kelompok mafia 'Ndrangheta yang berbasis di Calabria, Italia.
Kelompok kriminal tersebut menjadi salah satu pengimpor kokain Amerika Selatan terbesar di benua Eropa dan telah lama menjadi buronan polisi.


Morabito ditangkap setelah lebih dari dua dekade kabur karena diburu lantaran terlibat kegiatan Mafia, perdagangan narkoba serta aksi kejahatan lainnya. (ayp/ayp)