Anggota Delegasi G20 Brasil Ditangkap Karena Bawa Kokain

CNN Indonesia | Kamis, 27/06/2019 11:02 WIB
Anggota Delegasi G20 Brasil Ditangkap Karena Bawa Kokain Ilustrasi borgol. (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang perwira Angkatan Udara Brasil yang ikut dalam rombongan Konferensi Tingkat Tinggi G20 dipimpin Presiden Jair Bolsonaro ditangkap pada Selasa (25/6). Dia dibekuk karena ketahuan membawa 39 kilogram kokain.

"Kementerian Pertahanan menginformasikan pada Selasa, 25 Juni, seorang perwira AU yang diduga membawa narkotika ditahan di Bandar Udara Seville di Spanyol. Kami sedang menyelidiki kebenaran tersebut dan memerintahkan pemeriksaan oleh polisi militer," demikian isi pernyataan Kementerian Pertahanan Brasil, seperti dilansir CNN, Kamis (27/6).
Perwira yang diidentifikasi sebagai Sersan Silva Rodrigues ditangkap di Seville, Spanyol ketika pesawat cadangan yang melakukan penerbangan menuju Osaka, Jepang singgah.

Sementara itu, Presiden Jair Bolsonaro yang saat itu berada di pesawat berbeda turut menanggapi insiden penangkapan ini.


Melalui akun Twitternya, Bolsonaro meminta Kementerian Pertahanan untuk bekerja sama dengan aparat Spanyol.
Menurutnya, jika Sersan Silva terbukti bersalah maka bakal dihukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Wakil presiden Brazil, Hamilton Mourao, bahkan mengatakan bahwa Silva merupakan seorang kurir narkoba.

"Ini sangat jelas bahwa, melihat sejumlah narkoba ada pada dirinya, ia tidak hanya sekedar membeli dan membawanya. Dia adalah kurir narkoba, anggap saja seperti itu," ujar Mourao.

Hingga saat ini, Silva ditahan tanpa jaminan oleh aparat Spanyol. (ajw/ayp)