Putin Bawa Cangkir Sendiri saat Santap Malam KTT G20

CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 05:40 WIB
Putin Bawa Cangkir Sendiri saat Santap Malam KTT G20 Presiden Rusia, Vladimir Putin, kembali menjadi sorotan karena membawa cangkir sendiri untuk minum saat santap malam kenegaraan di KTT G20 di Osaka, Jepang. (Sputnik/Sergey Bobylev via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Rusia, Vladimir Putin, kembali menjadi sorotan karena membawa cangkir sendiri untuk minum saat santap malam kenegaraan di Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang, pada akhir pekan lalu.

Dalam sejumlah video yang viral di media sosial, Putin terlihat minum dari cangkir termos putih ketika para pemimpin negara lainnya menyeruput minuman dari gelas biasa.
Putin kemudian terlihat bersulang dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang memegang gelas berisi cairan berwarna gelap seperti minuman bersoda.

Cuplikan video ini langsung menjadi buah bibir warganet. Mereka menganggap tindak tanduk Putin itu sebagai penguatan rumor bahwa sang Presiden Rusia tidak pernah mempercayai siapa pun, cenderung paranoid.


Ini bukan kali pertama Putin membawa cangkir sendiri ke perhelatan internasional, baik itu kunjungan kenegaraan maupun konferensi.

[Gambas:Video CNN]

Dalam kesempatan sebelumnya, Putin selalu membawa cangkir bergambar burung elang berkepala dua, simbol negara Rusia.

Menanggapi rumor yang terus beredar, juru bicara Putin, Dmitry Peskov, akhirnya buka suara. Menurut Peskov, Putin memilih meminum dari cangkir sendiri hanya karena sudah terbiasa.

"Semuanya hanya karena ia memang biasa minum teh dari termos itu," ujar Peskov kepada kantor berita RIA Novosti, sebagaimana dikutip AFP. (has/has)