FOTO: Sisa Amuk Massa di Gedung Parlemen Hong Kong

Associated Press - Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 13:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi unjuk rasa di Hong Kong pada Senin (1/7) kemarin berujung kerusuhan. Massa demonstran menyerbu dan sempat menduduki gedung parlemen.

Aksi demonstrasi memperingati 22 tahun penyerahan Hong Kong dari Inggris kepada China berakhir rusuh, karena massa pengunjuk rasa menyerbu kompleks gedung pemerintahan. (REUTERS/Thomas Peter)
Para pengunjuk rasa yang mayoritas muda-mudi dengan mengenakan pakaian hitam-hitam menerobos barikade polisi yang sejak pagi menjaga gedung pemerintahan di kompleks Admiralty, yang terletak di pusat kota. (REUTERS/Thomas Peter)
Massa demonstran merusak kaca lantas mencorat-coret bagian dalam gedung. Mereka juga menghancurkan sejumlah perlengkapan yang ada di dalamnya. (REUTERS/Tyrone Siu)
Para demonstran juga menginjak-injak dan merusak foto para pejabat pemerintahan di Hong Kong. (AP Photo/Vincent Yu)
Ruang sidang di gedung parlemen Hong Kong juga tidak luput dari serbuan para demonstran. Mereka berdiri di atas meja sambil meneriakkan slogan anti pemerintah. (AP Photo/Kin Cheung)
Berbekal cat semprot, para pengunjuk rasa mencorat-coret lambang Kota Hong Kong yang menggambarkan bunga teratai di gedung pemerintahan. (AP Photo/Vincent Yu)
Massa bertahan di dalam gedung pemerintahan hingga Selasa dini hari. Setelah itu polisi dari segala penjuru merangsek memukul mundur demonstran menggunakan gas air mata dan pentungan. (REUTERS/Tyrone Siu)
Menurut pengakuan seorang pengunjuk rasa Cheung (24), mereka merasa sudah frustasi karena pemerintah tidak kunjung mendengar tuntutan masyarakat. (REUTERS/Jorge Silva)
Pemimpin administratif Hong Kong, Carrie Lam, dalam jumpa pers pagi hari waktu setempat menyatakan mengutuk aksi para pengunjuk rasa. (REUTERS/Tyrone Siu)
Pemerintah Hong Kong menyebut aksi massa sudah kelewat batas dan penuh kekerasan. (REUTERS/Tyrone Siu)