Gempa Magnitudo 6,4 Guncang California

CNN Indonesia | Jumat, 05/07/2019 02:31 WIB
Gempa Magnitudo 6,4 Guncang California Ilustrasi gempa. Istockphoto/Petrovich9
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo melanda California Selatan pada Kamis (4/7). Titik gempa berada di dekat Lembah Searles di San Bernardino County.

Badan Geologi AS, dilansir AFP menyebut gempa berada di wilayah dangkal pada kedalaman 5,4 mil (8,7 kilometer) di wilayah padang pasir yang luas. Gempa berlangsung beberapa detik dengan getaran mampu menjangkau permukiman di Los Angeles.

Belum dapat dipastikan apakah gempa itu menyebabkan kerusakan besar, tetapi ahli seismologi USGS Rob Graves mengatakan bahwa gempa dapat memungkinkan terjadinya banyak kerusakan.


Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten San Bernardino melaporkan tidak ada cedera terhadap penduduk di sekitar pusat gempa. Namun mereka mengamini banyak terjadi kerusakan di sana-sini.


"Bangunan dengan retakan kecil; saluran air putus; kabel listrik turun; batu longsor di jalan-jalan tertentu."

Sementara itu Bandara Internasional Los Angeles mengatakan bahwa landasan pacu tidak terdampak, penerbangan masih berjalan normal.

Wali Kota Ridgecrest Peggy Breedon mengatakan kepada CNN bahwa benda-benda jatuh dari bangunan dan mengenai orang-orang dan kota itu. Mereka juga merasakan beberapa gempa susulan.

"Kita terbiasa dengan gempa bumi tetapi kita tidak terbiasa dengan signifikansi ini," katanya.

(ain/ain)


ARTIKEL TERKAIT