California Diguncang Gempa Hebat di Hari Kemerdekaan AS

CNN Indonesia | Jumat, 05/07/2019 07:27 WIB
California Diguncang Gempa Hebat di Hari Kemerdekaan AS Ilustrasi gempa bumi. (Istockphoto/Kickers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang California Selatan, Amerika Serikat pada Kamis pagi (4/7) waktu setempat. Gempa ini terjadi tepat di Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau yang dikenal 'The Fourth of July'.

Titik gempa berpusat di Ridgecrest, sekitar 150 kilometer dari Los Angeles. Seperti dikutip dari CNN Jumat (5/7), gempa tersebut merupakan yang terbesar dalam 20 tahun terakhir.

Badan Geologi AS, dilansir AFP menyebut gempa berada di wilayah dangkal pada kedalaman 5,4 mil (8,7 kilometer) di wilayah padang pasir yang luas. Gempa berlangsung beberapa detik dengan getaran mampu menjangkau permukiman di Los Angeles.

Seismolog Survei Geologi AS (USGS) Robert Graves mengatakan setidaknya terjadi 159 gempa susulan dengan kekuatan yang cukup besar setelah gempa pertama.

Wali Kota Ridgecrest Peggy Breedon telah mengumumkan keadaan darurat. Pemadam kebakaran setempat menyatakan evakuasi dilakukan di Rumah Sakit Regional Ridgecrest.


Dikutip dari Reuters, gempa merusak sejumlah bangunan di kota bagian timur laut Los Angeles, tetapi pihak berwenang mengatakan tidak korban jiwa dalam kejadian ini. Korban hanya mengalami luka ringan.

Warga Los Angeles merasakan tanah seperti bergelombang, bangunan bergoyang-goyang. Mereka merasakan guncangan berkali-kali

Lewat Twitter, Layanan Cuaca Nasional menyebut bahwa getaran juga terasa hingga Las Vegas.

Gempa ini yang terbesar melanda California Selatan sejak 1999, ketika gempa berkekuatan 7,1 menggoyang bagian terkecil gurun Mojave.

Pada 1994, setidaknya 57 orang tewas ketika gempa 6,7 melanda wilayah Northridge di Los Angeles, menyebabkan kerugian $25 miliar.

Rencananya Kamis waktu setempat ini Presiden AS, Donald Trump akan menyampaikan pidatonya di Monumen Lincoln Memorial.

Trump dijadwalkan untuk berbicara di acara Fourth of July pada pukul 6.30 malam hari ini. Namun diketahui acara ditunda untuk beberapa waktu yang belum ditentukan.

[Gambas:Video CNN]
(dea/dea)