Gempa Magnitudo 7,1 Kembali Guncang California

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 06/07/2019 12:57 WIB
Gempa Magnitudo 7,1 Kembali Guncang California Gempa dengan magnitudo 7,1 mengguncang California Selatan, AS, setelah gempa magnitudo 6,4 juga terjadi sehari sebelumnya. (Jessica Weston/Daily Independent via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa dengan magnitudo 7,1 mengguncang California Selatan, Amerika Serikat, pada Jumat (5/7) malam. Ini merupakan yang kedua setelah gempa berkekuatan 6,4 juga mengguncang sehari sebelumnya.

Gempa terakhir dilaporkan terjadi pada pukul 20.30 waktu setempat di Ridgecrest dekat Taman Nasional Death Valley, sekitar 292 kilometer dari Los Angeles.

Menurut seismolog Lucy Jones dari Institut Teknologi California, gempa ini merupakan yang terbesar setelah gempa magnitudo 7,1 mengguncang area itu pada 1999.



Sementara itu, pemadam kebakaran setempat mengatakan gempa menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan.

""Rumah bergeser, fondasi retak, tembok penahannya runtuh," kata Pemadam Kebakaran San Bernadino lewat akun Twitter. "Satu cedera (kecil) ditangani petugas pemadam kebakaran. Saat ini tidak ada kebutuhan yang tidak terpenuhi."

Sebelumnya gempa dengan magnitudo 6,4 mengguncang pada Kamis pagi. Dari insiden ini, terdapat beberapa korban luka, dan dua rumah terbakar akibat gas pipa bocor.

Badan Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa terbaru memiliki kekuatan 11 kali lebih besar dari yang sebelumnya.


Akibat gempa, layanan kereta api menghentikan layanannya di Los Angeles hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Gempa pada Kamis terjadi saat perayaan Hari Kemerdekaan AS dan merupakan salah satu yang terbesar di California Selatan sejak gempa Northridge pada 1994.

Gempa Northridge, yang berpusat di daerah padat penduduk Los Angeles, menewaskan 57 orang dan menyebabkan kerusakan bernilai miliaran dolar.

[Gambas:Video CNN] (stu)