Calon Astronaut Pertama Afrika Tewas dalam Kecelakaan Motor

CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 17:37 WIB
Calon Astronaut Pertama Afrika Tewas dalam Kecelakaan Motor Mandla Maseko. (ALEXANDER JOE/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria Afrika Selatan calon astronaut kulit hitam Afrika pertama yang hendak terbang menuju ruang angkasa, meninggal dalam kecelakaan sepeda motor. Pihak keluarga mengatakan Mandla Maseko (30) mengalami kecelakaan pada Sabtu (6/7).

Dilansir dari AFP Senin (8/7), pada 2013 anggota angkatan udara Afrika Selatan itu memenangkan kompetisi yang diselenggarakan oleh sebuah akademi ruang angkasa berbasis di Amerika Serikat.

Pria berjuluk 'Afronaut' itu berhasil mengalahkan satu juta calon lain dari 75 negara untuk dipilih sebagai salah satu dari 23 orang yang akan melakukan perjalanan sub-orbital dengan pesawat ruang angkasa Lynx Mark II.

Dia menghabiskan satu pekan di Kennedy Space Academy di Florida untuk melakukan persiapan penerbangan.


Keberhasilan Maseko tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi tempat kelahirannya Soshanguve, dekat Pretoria, dan juga negara karena mengangkat kota kecil di Afrika Selatan itu masuk dalam 'peta galaksi'.


Maseko di sana juga sempat bertemu dan berfoto bersama dengan astronaut AS Buzz Aldrin, orang kedua yang menginjakkan kaki di bulan setelah Neil Armstrong dalam misi luar angkasa Apollo 11 tahun 1969.

Semula Maseko dijadwalkan terbang pada 2015, tetapi diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Namun akhirnya mimpi keluar angkasa itu kandas karena Maseko mengembuskan nafas terakhir dalam kecelakaan sepeda motor.

[Gambas:Video CNN] (dea)