PM Yunani Baru Janjikan Perbaikan Ekonomi

CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 23:07 WIB
PM Yunani Baru Janjikan Perbaikan Ekonomi Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus poros kanan-tengah Kyriakos Mitsotakis terpilih menjadi perdana menteri Yunani, mengalahkan petahana sayap kiri Alexis Tsipras. Dia menjanjikan akan membawa negara itu keluar dari krisis ekonomi meski utang yang mereka tanggung sampai saat ini mencapai 180 persen dari pendapatan kotor negara.

Seperti dilansir AFP, Senin (8/7), Mitsotakis meyakinkan bisa membawa Yunani keluar dari keterpurukan dengan formula menurunkan pajak dan merundingkan ulang target fiskal. Dia juga ingin mendorong pertumbuhan sektor swasta, ekspor, dan inovasi.
"Ini adalah pesan kuat untuk perubahan bagi Yunani," kata Mitsotakis.

Utang Yunani tahun lalu mencapai US$376 miliar (sekitar Rp5.299 triliun). Lelaki berusia 51 tahun itu juga menjanjikan membuka lapangan pekerjaan dan menyingkirkan hambatan dunia bisnis.


Tsipras yang kalah memperingatkan Mitsotakis untuk tidak terlalu berkhayal terlalu jauh. Apalagi menurut dia keluarga Mitsotakis adalah dinasti politik yang produk kebijakannya turut menyeret Yunani ke dalam pusaran krisis ekonomi dan politik pada 2010.
Mitsotakis adalah anak dari mantan perdana menteri Constantine Mitsotakis. Saudara perempuannya, Dora Bakoyannis, adalah mantan menteri dan wali kota perempuan Athena pertama.

Jebolan Universitas Harvard dan mantan konsultan perusahaan jasa konsultasi manajemen McKinsey itu terpilih menjadi ketua Partai Demokrat Baru tiga tahun lalu. Setelah melakukan perombakan, partainya berhasil merebut 158 dari 300 kursi di parlemen.

Sedangkan partai pesaingnya yang dipimpin Tsipras, Syriza, kini hanya berhasil mendapatkan 86 kursi di parlemen. (ayp)