Fenomena Hujan Badai di AS hingga Banjir Terjang Gedung Putih

CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 13:59 WIB
Fenomena Hujan Badai di AS hingga Banjir Terjang Gedung Putih Banjir Washington. (Dave Dildine/WTOP via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Washington DC dilanda hujan deras pada Senin (8/7) waktu setempat dan mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah termasuk Gedung Putih. 

Badan Cuaca Nasional bahkan menyebut hujan badai yang melanda wilayah ibu kota Amerika Serikat itu sebagai peristiwa sekali dalam 100 tahun. 

Hujan yang terjadi hanya dalam kurun satu jam itu menyebabkan Washington tampak seperti telah diguyur hujan sebulan lamanya. Akibatnya, kegiatan lalu lintas pagi hari yang biasanya ramai menjadi lumpuh total. 


Hujan dengan curah 3.30 inci juga melanda Bandar Udara Nasional Reagan pada pukul 9 hingga 10 pagi waktu setempat. Curah hujan ini 0.43 inci lebih rendah dari hujan biasa yang terjadi setiap bulannya. 


Sementara itu, guyuran hujan Senin kemarin turut menembus langit-langit stasiun bawah tanah Washington Metro. "Hujan lebat melanda Stasiun Metro Virginia Square. Peringatan banjir bandang masih berlaku di beberapa bagian wilayah DC," demikian yang dilaporkan stasiun berita khusus cuaca, WUSA9, melalui akun Twitternya. 


Seperti dilansir dari CNN, hujan deras yang terjadi juga memicu banjir bandang darurat selama dua jam di wilayah metro. 

Sementara, banyak video yang beredar di media sosial menunjukkan banjir melanda Taman Nasional AS. 

Selain itu, jalanan kota pun berubah layaknya sungai dan sejumlah petugas berusaha menolong para warga yang masih tersekap di mobil mereka menggunakan perahu. 

Wakil direktur Departemen Transportasi dan Lingkungan di Alexandria, Virginia, Jeff DuVal melaporkan bahwa banjir bandang telah melumpuhkan sejumlah jalanan. Para petugas juga memperingati pengendara motor agar menjauhi jalanan akibat banjir yang terjadi. 

Badan Cuaca Nasional juga turut menginformasikan bahwa sebagian besar pengendara tewas akibat kondisi jalan yang terkena dampak banjir. 

Sejumlah iklan layanan masyarakat juga mengimbau para warga untuk segera berbalik arah ketika mendekati jalanan yang terkena banjir agar tidak tenggelam. 

Hingga kini, wilayah Washington diperkirakan akan mulai cerah dalam dua hari ke depan, namun akan kembali diguyur hujan pada Kamis (11/7) mendatang.

[Gambas:Video CNN]
(ajw/dea)