Tuntut Jadi Anak Julio Iglesias, Pria Spanyol Menang Gugatan

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 16:34 WIB
Tuntut Jadi Anak Julio Iglesias, Pria Spanyol Menang Gugatan Javier Sanchez Santos yang menggugat status anak penyanyi Julio Iglesias. (Jose Jordan / STR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengadilan di Spanyol memutuskan pada Rabu (10/7) bahwa seorang lelaki bernama Javier Sanchez Santos (43) adalah anak dari penyanyi kondang pemenang Grammy, Julio Iglesias. Gugatan yang diajukan sejak 2017 lalu akhirnya dimenangkan Santos.

Seperti dilansir AFP, Kamis (11/7), Sanchez merupakan putra seorang mantan penari balet asal Portugal, Maria Edite, yang mengaku pernah memiliki hubungan singkat dengan Iglesias pada 1975 silam. Menurut penuturan pengacara Santos, Fernando Osuna, Edite bersaksi di pengadilan bahwa dia sempat menjalin hubungan singkat selama sepekan dengan Iglesias di Catalonia, Spanyol pada Juli 1975 silam.
Alhasil, sembilan bulan kemudian Javier pun lahir.

Hakim dalam kasus ini sempat tidak mengakui bukti DNA yang diperoleh secara diam-diam oleh seorang detektif yang bekerjasama dengan Santos dan pengacaranya. Namun, hakim tersebut menginformasikan bahwa ibu sang pria telah menyediakan rincian informasi terpercaya terkait hubungannya dengan Iglesias dan juga menyebutkan kemiripan fisik antara putranya dengan Iglesias.


Setelah beberapa waktu menguji bukti-bukti yang diajukan, hakim di pengadilan Valencia menyatakan Julio Iglesias adalah ayah biologisnya Santos.

Iglesias selalu menolak memberikan bukti DNA guna menyelesaikan perselisihan ini. Sementara itu, kuasa hukum tergugat menganggap pengadilan ini seharusnya tidak digelar karena kasus ini telah dibawa ke pengadilan sebelumnya dan akhirnya ditolak.

Penyanyi berusia 75 tahun itu juga tidak hadir dalam persidangan tersebut.

Proses memperoleh barang bukti juga tidak mudah. Menurut Osuna, dia mempunyai bukti DNA yang dibawa dari Amerika Serikat oleh seorang detektif.
Detektif itu berhasil mendekati putra sang penyanyi, Julio Iglesias Jr., ketika sedang berselancar di Miami, AS. Sang detektif kemudian mengambil botol minum milik Iglesias Jr., yang akhirnya digunakan sebagai bahan tes DNA.

Osuna juga menginformasikan hasil tes DNA itu menunjukkan bahwa Julio Iglesias Jr., dan Santos adalah saudara.

Meski begitu, hakim tetap menolak bukti dari sang detektif. Namun, hakim menyatakan bahwa ibu penggugat, Edite, telah memberikan informasi yang sangat konkret terkait penjabaran lokasi dan vila tempat mereka menginap ketika dia berhubungan dengan Iglesias.

Hakim juga menyebut kemiripan fisik yang sangat jelas antara Iglesias dan Sanchez sebagai sebuah bukti. Namun, Iglesias hingga kini tetap berkeras menolak melakukan tes DNA meskipun telah ada bukti hubungan gelap yang dilakukannya.

Iglesias memiliki waktu 20 hari kerja untuk mengajukan banding atas putusan itu.
"Javier memenangkan sidang. Julio Iglesias kalah. Sains menang, alasan kosong kalah," cuit Osuna di Twitter.

Iglesias dikenal dengan musiknya yang beraliran balada romantis dan kehidupan cintanya yang telah lama menjadi disorot media massa. Dirinya telah menikah sebanyak dua kali, yakni dengan seorang sosialita asal Spanyol, Isabel Preysler dan memperoleh tiga orang anak. Sementara di pernikahan keduanya yang sekarang dengan Miranda Rijnsburger, Iglesias memiliki lima orang anak.

Iglesias berhasil menjual lebih dari 300 juta kopi album di sepanjang kariernya.

Citra Iglesias kerap kali dipresentasikan sebagai seorang yang genit dan terobsesi dengan hubungan intim. (ajw/ayp)