Media Asing Soroti Pertemuan Jokowi-Prabowo

CNN Indonesia | Sabtu, 13/07/2019 18:10 WIB
Media Asing Soroti Pertemuan Jokowi-Prabowo Joko Widodo dan Prabowo Subianto di dalam MRT. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertemuan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto yang terjadi di stasiun MRT Lebak Bulus, Sabtu (13/7), menarik perhatian media asing.

Salah satu media yang ikut menyoroti peristiwa tersebut adalah The Strait Times. Media yang berbasis di Singapura itu menyoroti bagaimana sikap kedua tokoh saat bertemu untuk pertama kalinya setelah hari pemilihan di stasiun MRT Lebak Bulus.

Tak hanya itu saja, sikap keduanya yang berjabat tangan lalu berpelukan dengan hangat juga tak luput dari sorotan.


The Strait Times juga mengatakan bagaimana keduanya mengobrol dengan santai saat berada dalam perjalanan selama 18 menit menggunakan MRT.

Selain itu, AFP juga ikut memberitakan pertemuan tersebut. AFP menyoroti proses rekonsiliasi yang diindikasikan akan diawali dengan pertemuan tersebut.

Kantor berita Prancis ini menyebut pertemuan tersebut sebagai awal perdamaian, yang akan dijalin oleh pemimpin dari pendukung yang pernah membuat kerusuhan pada 22 Mei lalu.

AFP juga mencatat alasan Jokowi yang mengajak Prabowo untuk bertemu di stasiun MRT karena Prabowo belum pernah mencoba moda transportasi itu.

"Saya bersyukur dengan pertemuan ini saya bisa bertemu Prabowo Subianto," kata Jokowi seperti ditulis AFP.

Selain AFP dan The Straiits Times, Channel News Asia juga menyoroti pertemuan yang terjadi di MRT.

Channel News Asia menekankan pada pembicaraan yang terjadi di antara kedua tokoh secara tertutup di dalam MRT.

Media yang berbasis di Singapura ini juga menyoroti pembicaraan keduanya kepada penumpang dan awak media.

"Saya ini ada toto kromo. Kalau mau ucapkan selamat maunya tatap muka," kata Prabowo, seperti yang dikutip dari Channel News Asia.

[Gambas:Video CNN] (ani/agr)