Timteng Memanas, Inggris Kerahkan Kapal Perang ke Teluk Arab

CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 10:47 WIB
Timteng Memanas, Inggris Kerahkan Kapal Perang ke Teluk Arab Ilustrasi. (AFP PHOTO / OZAN KOSE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Inggris berencana mengerahkan kapal perang angkatan laut ketiganya ke Teluk Arab ketika relasi negara Barat dengan Iran terus memanas dalam beberapa waktu terakhir.

Kementerian Pertahanan Inggris menuturkan telah mengirim kapal perusak sistem pertahanan udara, HMS Duncan, guna menyokong peran HMS Montrose yang tengah menjalani perbaikan di pangkalan terdekatnya di Bahrain.


Kemhan Inggris juga menuturkan akan mengirimkan kapal fregat HMS Kent ke kawasan tersebut "akhir tahun ini."


Dikutip AFP, sejumlah laporan memaparkan kapal tersebut akan mulai berlayar menuju Teluk Arab sekitar pertengahan September mendatang.

Kemhan Inggris mengatakan HMS Kent akan "mengambil alih" tugas HMS Duncan. Meski begitu, Kemhan Inggris tidak memungkiri bahwa ketiga kapal perang itu bisa berada di wilayah itu dalam waktu bersamaan.

Kemhan Inggris mengatakan pengerahan itu sudah "direncanakan lama" untuk memastikan "kehadiran militer yang tak terputus di perairan penting."


Rencana pengerahan HMS Kent ke Timur Tengah berlangsung sepekan setelah pelayaran sebuah kapal tanker Inggris "dihalangi" oleh tiga kapal perang Iran di Selat Hormuz.

Sebelumhya Inggris juga sempat menyita kapal supertanker Iran, Grace 1, di Gibraltar karena diduga melanggar sanksi dengan mencoba mengirim minyak ke Suriah.

Meski begitu, London membantah bahwa pengerahan HMS Kent ke Timur Tengah dilakukan guna membendung Iran di kawasan.


Kemhan Inggris menegaskan pengerahan kapal perang ketiganya itu tidak "mencerminkan peningkatan eskalasi" ketegangan dengan Iran di Timur Tengah. (rds/dea)