Pakistan Tangkap Otak di Balik Teror 'Hotel Mumbai'

CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 19:20 WIB
Pakistan Tangkap Otak di Balik Teror 'Hotel Mumbai' Ilustrasi. (Istockphoto/D-Keine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas Pakistan dilaporkan menangkap Hafiz Saeed, terduga otak di balik rangkaian serangan teror di India pada 2008 lalu, yang baru saja diabadikan dalam sebuah film Hollywood bertajuk Hotel Mumbai.

Seorang juru bicara untuk Gubernur Punjab, Shahbaz Gill, mengatakan bahwa Saeed ditahan di dekat kota Gujranwala pada Rabu (17/7) waktu setempat.

"Tuduhan utamanya adalah dia mengumpulkan dana untuk kelompok terlarang, yang termasuk dalam tindakan ilegal," ujar jubir tersebut kepada Reuters.
Departemen Kontra-terorisme Punjab kemudian menyatakan bahwa Saeed ditangkap saat pergi ke pengadilan di Gujranwala untuk meminta jaminan sebelum penahanan.


Selama ini, Saeed membantah terlibat dalam rangkaian teror di stasiun kereta dan hotel mewah di Mumbai yang menewaskan lebih dari 160 orang tersebut.

Ia juga mengklaim bahwa jaringan yang ia pimpin, Laskar e-Taiba (LeT), sama sekali tak memiliki hubungan dengan kelompok militan manapun.

LeT sendiri selama ini menuding Amerika Serikat dan India sebagai dalang di balik serangan mematikan tersebut.
Sejak berdiri, LeT berupaya mengusir India dari kawasan Kashmir yang menjadi sengketa dengan Pakistan sehingga penangkapan Saeed ini sangat sarat politik.

Sebelumnya, Pakistan juga sudah pernah menahan Saeed. Namun, setelah diinterogasi, Saeed dibebaskan.

Kini, India pun menyatakan bahwa penangkapan Saeed saja tidak cukup jika tidak ditindaklanjuti dengan penjatuhan hukuman.

"Kami ingin tindakan nyata, bukan proses yang dapat dibatalkan seperti penangkapan ini. Satu pengadilan menangkapnya, pengadilan lain membebaskannya," ucap seorang pejabat India. (has)