Sultan Malaysia Diisukan Ceraikan Mantan Miss Moscow

CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 10:38 WIB
Sultan Malaysia Diisukan Ceraikan Mantan Miss Moscow Sultan Muhammad V. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Raja Malaysia, Sultan Muhammad V dari Negara Bagian Kelantan, dilaporkan menceraikan istrinya yang merupakan mantan Miss Moscow, Oksana Veovodina, setelah setahun kurang pernikahan.

Perceraian keduanya diputus pada 1 Juli lalu. Kepada The Straits Times, sejumlah sumber mengonfirmasi bahwa salinan surat perceraian yang beredar di media sosial adalah asli.


Sertifikat perceraian itu memuat lambang negara bagian Kelantan. Surat tersebut menunjukkan bahwa perceraian dilangsungkan lantaran Sultan Muhammad telah menalak sang istri sebanyak tiga kali.


Sementara itu, data perceraian terdaftar pada 22 Juni dan bertempatkan di Singapura.

Wakil Menteri Negara Bagian Kelantan, Datuk Mohd Amar Nik Abdullah, mengaku tak mengetahui masalah perceraian tersebut. 

"Seperti ketika media bertanya kepada kami (pemerintah negara bagian) tentang pernikahan Sultan, kami tidak dapat berkomentar (tentang berita perceraian) karena kami tidak memiliki informasi resmi tentang itu," kata Amar kepada wartawan, Rabu (17/7).

"Kami hanya tahu tentang perceraian melalui media sosial, termasuk dari berita yang diterbitkan di halaman depan sebuah surat kabar hari ini," ujarrnya menambahkan.


Kabar perceraian ini datang dua bulan setelah putra pertama Sultan Muhammad V dan Veovodina lahir.

Meski Istana belum mengeluarkan komentar resmi tentang perceraian ini, kerajaan mengeluarkan pernyataan terkait penggunakan gelar kerajaan yang benar.

"Perlu diketahui bahwa tidak ada yang bisa disebut sebagai Ratu Kelantan, Raja Kelantan, atau Sultanah Kelantan tanpa pengumuman resmi dari Istana Kelantan," bunyi pernyataan Istana.

Walau tidak merujuk langsung, pernyataan itu disebut merujuk pada status Veovodina.

Wacana perceraian Sultan Muhammad V pertama kali muncul sekitar Januari lalu, hanya beberapa pekan setelah dirinya mengundurkan diri sebagai Raja Malaysia.

Keduanya baru melangsungkan pernikahan sekitar November lalu. Veovodina dikabarkan memutuskan menjadi mualaf sebelum menikahi suaminya itu.

Selisih umur di antara keduanya terpaut cukup jauh, yakni 22 tahun. Veovodina kini berusia 27 tahun sementara Sultan Muhammad V berusia 49 tahun.


Sultan Muhammad V dan Veovodina menggelar resepsi pernikahan pada 25 November lalu di Barvikha, sebuah kawasan di Moskow yang dihuni oleh kalangan elite Rusia.

Beberapa foto dan rekaman video singkat resepsi pernikahan mereka juga sempat tersebar di Facebook dan media sosial lainnya.

[Gambas:Video CNN] (rds/dea)