Anggota Orkestra Afghanistan Hilang di Slovakia

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 19/07/2019 01:35 WIB
Anggota Orkestra Afghanistan Hilang di Slovakia Ilustrasi. (Istockphoto/FlyMint Agency)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi Slovakia mengungkapkan sedang mencari empat anggota orkestra Afghanistan yang hilang dari hotel mereka setelah tampil di sebuah festival lokal. Semua anggota tersebut merupakan perempuan pertama Afganistan yang tergabung dalam orkestra.

Zohra, ansambel yang terdiri dari 35 remaja dan musisi wanita muda memainkan konser pada Sabtu di sebuah festival di kota barat Trencin, sekitar 130 kilometer utara Bratislava, dekat perbatasan Ceko.

Empat anggota hilang dari hotel pada Minggu, (14/7).
"Saya dapat mengkonfirmasi bahwa pencarian dua remaja wanita dan dua wanita dewasa dari Afghanistan sedang berlangsung," Pavol Kudlicka, juru bicara kepolisian daerah Trencin, mengatakan kepada AFP, Kamis. (18/7)


Dia menambahkan bahwa para musisi kembali ke hotel mereka setelah konser tetapi hilang pada pagi berikutnya.

"Karena alasan hukum dan penyelidikan yang sedang berlangsung, tidak ada nama yang dapat diungkapkan untuk saat ini," tambah Kudlicka.

Media Slovakia setempat melaporkan bahwa beberapa anggota orkestra mengatakan bahwa salah seorang gadis memiliki sepupu di Jerman.
Beberapa anggota Zohra adalah anak yatim atau dari keluarga miskin. Mereka telah menghadapi ancaman kematian di tanah air mereka di mana musik dilarang selama pemerintahan Taliban tahun 1996-2001 yang represif.

Musik masih disukai di banyak masyarakat Afghanistan, tetapi sangat dipisahkan oleh gender. Meskipun menghilang, orkestra Zohra, dinamai dewi musik Persia, memainkan beberapa konser di Slovakia barat minggu ini.

Mereka telah tampil di dalam dan luar negeri, terutama pada penutupan Forum Ekonomi Dunia di Davos dua tahun lalu. (age/age)