Polisi Gulung Sindikat Mafia Italia di Kanada

CNN Indonesia | Jumat, 19/07/2019 19:55 WIB
Polisi Gulung Sindikat Mafia Italia di Kanada Ilustrasi mafia. (Istockphoto/cyano66)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Kanada menangkap sembilan tersangka anggota klan mafia terkuat yang bermarkas di wilayah selatan Italia pada Kamis (18/7) kemarin. Mereka diduga terlibat dalam pencucian uang dan perjudian ilegal di Toronto.

Para anggota mafia itu juga telah merampok sejumlah benda bernilai US$26.8 juta atau sekitar Rp372.6 miliar beserta lima mobil Ferrari.

Selama tiga hari, polisi berhasil menggerebek sekitar 48 kafe, gedung-gedung perusahaan dan perumahan yang diduga ada hubungannya dengan kelompok mafia tersebut. Polisi juga berhasil meringkus bos Mafia bernama Angelo Figliomeni serta delapan anak buahnya yang diduga melakukan pencucian uang, menipu pemerintah dan ikut serta dalam kelompok kejahatan.


Hingga kini, kepolisian Kanada masih melacak seorang pria lainnya yang diduga terlibat perjudian ilegal dan kasus narkoba.
Dalam penyidikan yang bersamaan, polisi Italia berhasil menangkap 12 orang tersangka dan masih mencari dua buronan terkait mafia, kepemilikan senjata ilegal, pengiriman aset palsu serta kejahatan lainnya.

Sampai saat ini sindikat mafia 'Ndrangheta' masih beroperasi di Calabria dan dikenal sangat kejam.

"Ndrangheta adalah organisasi kriminal yang sangat berbahaya," ujar Fausto Lamparelli, seorang penyelidik mafia asal Italia yang ikut dalam konferensi pers bersama kepolisian Kanada, seperti dilansir AFP, Jumat (19/7).

"Organisasi kriminal tidak mengenal batas," tambahnya.

Sementara itu, bos mafia, Figliomeni, yang juga dijuluki "brigante" atau "bandit" menjadi buronan yang dicari di Italia selama hampir satu dekade. Dia juga sempat mengajukan banding hukuman penjara selama 20 tahun di sana.

Figliomeni yang merupakan warga Kanada tidak dapat diekstradisi karena tidak ada delik di negara itu yang bisa menjerat seseorang yang terlibat dalam kegiatan mafia. Hal inilah yang membuat Figliomeni dapat dengan nyaman tinggal di Vaughan, pinggiran kota Toronto, Kanada.
Menurut laporan Sersan Detektif Carl Mattinen yang membantu proses penyelidikan, Figliomeni telah banyak melakukan operasi pencucian uang selama berada di Kanada. Ia melakukan aksinya di sejumlah kasino legal di Kanada serta melalui usaha pinjaman mobil.

"Figliomeni telah menggelapkan uang bernilai lebih dari US$70 juta hanya dalam beberapa tahun," kata Mattinen.

Sedangkan klan kejahatan yang dipimpinnya juga menjalankan operasi perjudian ilegal di sejumlah kafe di Kanada. Sebanyak 11 di antaranya berhasil disita.

Kepolisian juga menyita sejumlah aset milik kelompok mafia tersebut, seperti 27 rumah dan 23 kendaraan mewah termasuk satu mobil Ferrari yang bernilai US$880 ribu.

Ndrangheta terbentuk dari puluhan klan kecil yang merupakan bandar kokain paling terkenal di Eropa. Mereka juga diketahui menghasilkan jutaan Euro setiap tahun dari usaha tersebut. Meskipun begitu, Calabria tetap menjadi wilayah termiskin dan kurang berkembang di Italia.

[Gambas:Video CNN]

Undang-undang anti-Mafia yang ketat telah memudahkan pihak berwenang untuk menyita semua aset yang berkaitan dengan kelompok Mafia di Italia itu. (ajw/ayp)