Kapal Kargo Korsel Dirompak, Uang Tunai Ribuan Dolar Raib

CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 12:57 WIB
Kapal Kargo Korsel Dirompak, Uang Tunai Ribuan Dolar Raib Ilustrasi pembajakan. (REUTERS/Fernando Veludo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawanan perompak dilaporkan menyerang sebuah kapal barang (kargo) milik Korea Selatan di dekat Selat Singapura pada Senin (22/7) pagi waktu setempat. Para bajak laut itu berhasil menggasak sejumlah uang tunai bernilai ribuan dolar.

Menurut laporan kantor berita Korea Selatan, Yonhap, yang dilansir Reuters, perompak juga turut menyerang awak kapal.
Dari informasi sementara, ada sekitar tujuh perompak yang menyerang kapal kargo CK Bluebell menggunakan kapal cepat. Sejumlah awak kapal mengalami luka ringan akibat dianiaya.

Para perompak merampas uang sebesar US$13 ribu (sekitar Rp181 juta) dari para anak buah kapal. Selain itu, mereka juga mengambil baju, sepatu serta ponsel awak kapal.


Kepolisian Singapura yang mengelola pantai di pulau tersebut hingga kini belum memberikan tanggapan langsung terkait insiden yang terjadi.
Insiden perompakan sebenarnya telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir sejak penerapan kebijakan yang lebih keras, khususnya di sekitar Selat Malaka hingga Singapura yang merupakan jalur pelayaran yang ramai. Patroli di kawasan itu dilakukan oleh Singapura, Malaysia dan Indonesia. (ajw/ayp)