KILAS INTERNASIONAL

Topan Lekima Telan Nyawa Hingga Masjid di Norwegia Diteror

CNN Indonesia | Senin, 12/08/2019 07:12 WIB
Topan Lekima Telan Nyawa Hingga Masjid di Norwegia Diteror Ilustrasi gelombang laut akibat Topan Lekima. (Photo by - / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai negara pada Minggu (11/8) kemarin. Mulai dari Topan Lekima menerjang China dan Taiwan hingga teror penembakan masjid di Norwegia. Semua dirangkum CNNIndonesia.com dalam kilas internasional.


1. Puluhan orang meninggal akibat Topan Lekima

Korban tewas akibat Topan Lekima yang menghantam wilayah timur China mencapai total 32 orang. Sementara 20 orang lainnya masih dinyatakan hilang, Minggu (11/8).


Topan dengan kecepatan angin mencapai 187 kilometer per jam itu mulai menerjang daratan China pada Sabtu pagi di Provinsi Zhejiang.

Ribuan penerbangan dan layanan kereta api di wilayah itu juga terpaksa dihentikan akibat topan tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Topan Lekima merusak lebih dari 173 ribu hektare tanaman dan 33 ribu rumah di Zhejiang. Dilansir kantor berita Xinhua, otoritas berwenang memapar

Konsulat Jenderal RI di Shanghai memastikan tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban topan Lekima yang menerjang wilayah timur China. Namun, kondisi itu membuat operasi pencarian lima anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang hilang saat melaut di Taiwan terhambat.


2. Polisi Israel dan warga Palestina bentrok saat Idul Adha

Kepolisian Israel dan sekelompok warga Palestina dilaporkan terlibat bentrok saat perayaan Hari Raya Idul Adha di kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Minggu (8/11).

Kompleks itu dikenal sebagai situs suci umat Muslim dan umat Yahudi. Umat Muslim kerap menyebut kompleks Al Aqsa sebagai Haram Al Sharif, sementara umat Yahudi menganggap wilayah itu sebagai situs suci Tample Mount.

Polisi Israel disebut melemparkan sejumlah granat suara kepada sekelompok warga Palestina tengah menggelar protes di kompleks masjid.

[Gambas:Video CNN]

Organisasi Palang Merah Palestina melaporkan beberapa orang terluka akibat bentrokan itu meski tak menjelaskan jumlah pastinya.

Bentrokan dipicu setelah kepolisian Israel melarang umat Yahudi berkunjung ke kompleks Al Aqsa hari ini. Meski begitu, umat Muslim masih khawatir jika sekelompok umat Yahudi masih bisa masuk ke kompleks Al Aqsa dan menggelar protes di sana.


3. Staf PBB Tewas akibat bom mobil di Libya

Sebuah ledakan bom mobil di kota Benghazi, Libya timur, menewaskan tiga anggota staf Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan dua anggota misi lain pada hari Sabtu (10/8) waktu setempat.

Serangan itu terjadi ketika PBB menjadi perantara gencatan senjata di ibukota Tripoli. Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengutuk serangan tersebut. PBB tidak memberikan keterangan lebih rinci, dan hanya mengatakan beberapa korban adalah anggota yang bekerja di Benghazi.

[Gambas:Video CNN]

Ledakan itu terjadi di depan pusat perbelanjaan dan bank. Setidaknya satu mobil PBB terbakar habis di tempat kejadian.


4. Masjid di Norwegia ditembaki

Seorang pria tak dikenal memasuki Masjid Al-Noor yang terletak di dekat Ibu Kota Oslo. Pria bersenjata itu lalu melontarkan serangkaian tembakan ketika berada di dalam masjid hingga melukai satu orang jemaah.

Kepolisian mempertimbangkan penembakan di Masjid Pusat Dakwah Islam Al-Noor pada Sabtu (10/8) kemarin sebagai aksi terorisme.

Pelaku penembakan berhasil dilumpuhkan oleh seorang jemaah masjid sebelum akhirnya ditahan oleh polisi. Kepolisian Norwegia menerima laporan penembakan sekitar pukul 16.00 waktu lokal.

Pimpinan masjid, Irfan Mushtaq, menggambarkan sang pelaku sebagai pria muda kulit putih dengan mengenakan pakaian hitam, rompi peluru, dan helm.

Mushtaq menuturkan pelaku membawa banyak senjata. Saat insiden terjadi, ia menuturkan hanya ada tiga orang yang berada di dalam masjid. (ayp/ayp)