Demonstran Pulang, Bandara Hong Kong Kembali Dibuka

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 07:34 WIB
Demonstran Pulang, Bandara Hong Kong Kembali Dibuka Ilustrasi aksi demonstrasi di Bandara Hong Kong. (REUTERS/Tyrone Siu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengelola Bandara Hong Kong memutuskan kembali membuka kegiatan penerbangan pada Selasa (13/8). Hal itu dilakukan setelah pada Senin kemarin operasional sempat terhenti lantaran diduduki oleh ratusan massa yang melakukan aksi demonstrasi.

Seperti dilansir Reuters, pemberitahuan itu disampaikan pada pukul 06.00 waktu setempat melalui aplikasi ponsel. Namun, badan penerbangan setempat menyatakan masih ada kemungkinan jadwal penerbangan agak terganggu karena dampak penutupan kemarin.
"Bandara Internasional Hong Kong akan menjadwalkan kembali penerbangan pada hari ini, dan ada kemungkinan penerbangan masih terganggu," demikian isi pernyataan dari pengelola Bandara Hong Kong.

Keputusan membuka kembali kegiatan penerbangan dilakukan setelah sebagian besar pengunjuk rasa berangsur-angsur pulang pada tengah malam. Sampai pagi ini dilaporkan tinggal 50 demonstran yang bertahan.


Para demonstran sudah menduduki terminal kedatangan Bandara Hong Kong selama lima hari berturut-turut. Mereka adalah bagian dari massa yang menuntut demokratisasi Hong Kong yang mulanya menolak pembahasan Rancangan Undang-Undang Ekstradisi.
Padahal, Bandara Hong Kong adalah salah satu yang tersibuk di dunia. Hingga saat ini dilaporkan ratusan calon penumpang sudah antre di gerai tiket maskapai setempat, Cathay Pacific.

Sejumlah warga Indonesia sempat terjebak di Bandara Hong Kong. Sebagian besar sempat dievakuasi ke Konsulat Jendera Indonesia, sedangkan lainnya memilih bertahan dengan diberi bantuan makanan dan minuman.

[Gambas:Video CNN] (ayp/ayp)