FOTO: Kashmir, Tanah Surga di Tengah Angkara

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 18:44 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Selama 72 tahun Kashmir menjadi rebutan antara India dan Pakistan. Ratusan ribu nyawa sudah melayang akibat pertikaian itu.

Hubungan India dan Pakistan selalu terganjal konflik di wilayah Kashmir. (REUTERS/Danish Siddiqui)
Sejak merdeka dari Inggris pada 1947, Kashmir dibagi dua menjadi wilayah untuk India dan Pakistan. Kedua negara kemudian bertarung untuk memperebutkan keseluruhan wilayah Kashmir. (REUTERS/Mukesh Gupta)
India dan Pakistan tercatat telah berperang sebanyak dua kali memperebutkan wilayah Kashmir, yakni pada Perang India-Pakistan pada 1947 dan pada 1999 dalam Perang Kargil. (REUTERS/Danish Siddiqui)
China juga berharap menguasai kawasan Kashmir. Persaingan India dan Pakistan membuahkan perlombaan senjata. Masing-masing juga menyimpan lebih dari seratus hulu ledak nuklir. (REUTERS/Danish Siddiqui)
Pemicu ketegangan di Kashmir terjadi sejak 2 Agustus. Saat itu aparat keamanan India mendapat laporan ancaman serangan dari kelompok militan yang bersembunyi di Pakistan. (REUTERS/Mukesh Gupta)
Pemerintah India memutuskan mencabut status daerah istimewa yang selama ini diberikan kepada kawasan Kashmir. Padahal aturan itu yang selama ini membatasi laju perpindahan penduduk dari India. (REUTERS/Danish Siddiqui)
PM Narendra Modi menyatakan alasan mencabut aturan itu karena dianggap menghambat penyatuan Kashmir ke dalam India. Para tokoh di Kashmir justru menentang keputusan itu dan memperingatkan hal ini bisa memicu kawasan itu kembali bergolak. (REUTERS/Danish Siddiqui)
Pemerintah Pakistan mengecam langkah India mencabut status daerah istimewa Kashmir. Mereka menyatakan akan mengerahkan upaya untuk melawan keputusan India. (REUTERS/Danish Siddiqui)
Pemerintah Pakistan menyatakan bakal memangkas tingkat hubungan diplomatik dengan India, terkait konflik di Kashmir yang berlanjut. Mereka menyatakan bakal mengusir Komisioner Tinggi India sebagai bentuk kekecewaan. (REUTERS/Danish Siddiqui)
Pemerintah Pakistan melarang penayangan semua film India, atau kerap dikenal dengan julukan Bollywood, di bioskop dan televisi seluruh negeri, sebagai dampak konflik Kashmir. (REUTERS/Saiyna Bashir)
Pakistan juga menghentikan layanan kereta api menuju India akibat ketegangan antara kedua negara yang semakin meningkat karena perebutan wilayah Kashmir. (REUTERS/Danish Ismail)
Pakistan juga melobi Indonesia, China, dan Polandia untuk mengecam India soal keputusannya mencabut status daerah istimewa Kashmir. (REUTERS/Danish Siddiqui)