Karhutla di Pulau Milik Spanyol, 5.000 Orang Dievakuasi

CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 14:08 WIB
Karhutla di Pulau Milik Spanyol, 5.000 Orang Dievakuasi Setidaknya 5.000 orang dievakuasi akibat kebakaran lahan di kawasan pulau Gran Canaria, Kepulauan Canaria, Spanyol, pada Minggu (18/8). (AFP Photo/Desiree Martin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya 5.000 orang dievakuasi akibat kebakaran lahan di kawasan pulau Gran Canaria, Kepulauan Canaria, Spanyol, pada Minggu (18/8).

Dilansir dari AFP, kebakaran yang melahap sebagian kawasan pegunungan Cruz de Tejeda itu memang memaksa ribuan orang pergi. Namun, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran yang melahap lebih dari 1.700 hektar lahan tersebut.
Dengan lebih dari 600 pemadam kebakaran dan 14 pesawat dikerahkan untuk mengupayakan pemadaman, api diperkirakan mati dalam waktu beberapa hari.

Aparat juga menutup 11 ruas jalan dan terus memantau situasi karena kondisi masih tidak stabil akibat kombinasi angin kencang, suhu tinggi, dan kelembapan rendah.


"Beberapa jam berikutnya akan penting karena perkiraan cuaca malam ini kurang baik," ujar Presiden Kepulauan Canaria Angel Victor Torres.
Spanyol memang kerap dilanda kebakaran hutan besar akibat cuaca panas yang kering.

Gran Canaria sendiri merupakan pulau terpadat kedua di Kepulauan Canaria yang terletak di barat laut pantai Afrika. Kawasan pegunungan Cruz de Tejeda di pulau Gran Canaria terkenal sebagai destinasi turis karena pemandangannya yang indah.

Kepulauan Canaria, yang merupakan bagian dari Spanyol, berhasil menyedot 13,7 juta wisatawan mancanegara pada tahun lalu, sebagian besar datang dari Inggris dan Jerman. (fls/has)