PM Denmark Sebut Niat Trump Beli Greenland Ide yang Aneh

CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 13:26 WIB
PM Denmark Sebut Niat Trump Beli Greenland Ide yang Aneh Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Reuters/Joshua Roberts)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen menganggap niat Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk membeli Greenland merupakan ide yang "aneh".


"Itu adalah diskusi yang sangat aneh dan PM Greenland Kim Kielsen juga telah secara jelas menegaskan kalau Greenland itu tidak untuk dijual. Di situ lah wacana (pembelian Greenland) berakhir," kata Frederiksen kepada kantor penyiaran Denmark, DR, Minggu (18/8).

Greenland merupakan sebuah wilayah otonomi Denmark. Menurut Frederiksen, "Greenland tidak untuk dijual. Greenland bukan milik Denmark. Greenland adalah milik Greenland."

"Saya sangat berharap ide (membeli Greenland) tidak serius," kata Frederiksen kepada koran Sermitsiaq saat mengunjungi Greenland akhir pekan lalu.
 
Greenland melalui menteri luar negerinya, Ane Lone Bagger, juga turut merespons niatan Trump untuk membeli pulaunya itu. 

"Kami terbuka untuk kerja sama bisnis, tapi bukan terbuka untuk dijual," kata Bagger seperti dikutip Reuters.

[Gambas:Video CNN]


Wacana Trump ingin membeli Greenland muncul setelah penasihat Gedung Putih, Larry Kudlow, mengonfirmasi laporan media bahwa Trump tengah mendiskusikan rencana pembelian Greenland dengan para pejabat terkait secara pribadi pada pekan lalu. 

"Saya tidak ingin memprediksi hasil. Saya mengatakan Presiden, yang diketahui tengah berencana membeli real estate, juga tengah mempertimbangkan rencana pembelian Greenland," kata Kudlow kepada Fox News.

Ia mengatakan diskusi pembelian itu terus "berkembang" dan mencatat bahwa pendahulu Trump, Presiden Harry Truman, juga pernah berencana membeli pulau itu.

"Dan Denmark memiliki Greenland, Denmark adalah sekutu, Greenland adalah tempat yang strategis di sana. Dan mereka punya banyak mineral berharga," kata Kudlow.

Wacana pembelian Greenland diperkuat setelah Trump membenarkan bahwa dia tengah mendiskusikan kemungkinan pembelian pulau itu kepada wartawan di New Jersey pada akhir pekan lalu. Meski begitu, dirinya menuturkan rencana tersebut bukan sesuatu yang menjadi prioritas saat ini.

"Konsep (pembelian Greenland) muncul dan langsung menarik perhatian secara strategis. Rencana ini bukan No1 yang sedang diprioritaskan, saya bisa memberi tahumu," kata Trump kepada wartawan di New Jersey.

Greenland merupakan sebuah pulau di Atlantik Utara yang sebagian besar wilayahnya dilapisi es. Wilayah itu dianggap penting karena AS memiliki pangkalan udara paling utara di Thule, Greenland yang dibangun pada tahun 1951. Pangkalan udara ini berperan penting karena memiliki Sistem Peringatan Dini Rudal Balistik. (rds/dea)